Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso Maksimalkan Pramusim demi Liga 1 Musim ini

Persebaya Surabaya siap menyongsong kompetisi Liga 1 2020 setalah memaksimalkan agenda pramusim.

Selain uji coba internasional melawan Sabah FA, Persebaya sukses tampil luar biasa di Piala Gubernur Jatim 2020 dengan keluar sebagai juara usai mengalahkan Arema FC di final.

Pelatih Aji Santoso menyebut sejumlah persiapan kian maksimal karena semua pemain telah mendapatkan menit bermain kecuali kiper Angga Saputra.

Selain itu, ia melihat absennya beberapa pemain di berbagai posisi saat ajang pra musim, bukan jadi perkara besar untuk skuadnya musim ini.

Ia mencontohkan saat final Piala Gubernur lalu. Meski ditinggal banyak pemain akibat TC Timnas, cedera hingga kartu merah, tetap ada pemain yang menggantikan.

Ketika itu, bek kiri Nasir (cedera) , bek kanan Abu Rizal (kartu merah), dan tiga pemain panggilan timnas yaitu bek kanan Koko Ari, bek tengah Rachmat Irianto dan Hansamu Yama.

Dalam kondisi seperti itu, Aji memilih memainkan pemain tengah M Alwi sebagai bek kiri dan memasang bek tengah M Syaifuddin sebagai bek kanan.

“Kita lihat kemarin Alwi tidak pernah bermain jadi bek, begitu saya suruh jadi bek, ternyata bagus,” kata Aji Santoso.

“Begitu juga dengan Syaifuddin, dia jarang main, begitu main jadi bek kanan,” imbuh mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Lebih menggembirakan untuknya karena absennya beberapa pemain karena berbagai persoalan, terbukti tidak membuat permainan Persebaya berubah.

“Artinya siapun yang main tidak akan mengubah karakter Persebaya,” jelasnya.

Pada laga perdana Liga 1 2020, Persebaya menghadapi tim promosi Persik Kediri pada 29 Februari 2020.