Belum Direstui PSSI, Tira Persikabo Sudah Mendeklarasikan Nama Baru

Tira Persikabo secara resmi mengenalkan skuat untuk Liga 1 2020. Dalam pengenalan pemain yang berlangsung di Stadion Mini, Cibinong, Minggu (23/2/2020), klub tersebut sudah mendeklarasikan diri memakai nama baru, yakni Persikabo 1973.

Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo, Rhendi Arindra, menyebut pihaknya sudah melakukan prosedur yang sama seperti ketika mengubah nama PS Tira menjadi Tira Persikabo pada awal musim 2019.

Ketika itu, pengesahan nama Tira Persikabo dilakukan hanya sampai Exco PSSI, tanpa melalui Kongres PSSI.

“Musim lalu, nama kami PS Tira dan melakukan merger dengan Persikabo sehingga menjadi Tira Persikabo. Kami ajukan ke PSSI dan disahkan pada level Exco, belum pada Kongres karena kami mengajukannya sebelum Kongres Januari 2019,” kata Rhendi.

“Dalam perjalanannya, kami mendaftarkan hal itu melalui prosedur serupa, yakni memohon kepada PSSI untuk mengganti nama Tira Persikabo menjadi Persikabo 1973. Ternyata dalam Kongres di Bali, Ketua Umum PSSI berbicara beda. Mekanismenya harus melewati Asprov baru masuk ke PSSI,” ujar Rhendi.

Sebanyak 30 pemain diperkenalkan Tira Persikabo di Stadion Mini, Cibinong, Minggu (23/2/2020) untuk mengarungi Liga 1 2020. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)
Tira Persikabo akhirnya meminta restu pada Asprov Jawa Barat dan sudah disetuju. Rhendi berharap pihaknya bisa menggunakan nama baru pada Liga 1 2020, yakni Persikabo 1973.

“Kami sudah ke Asprov, disetujui, dan sekarang tinggal ke Exco PSSI. Kami sudah berkirim surat ke Exco PSSI dan mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa disetujui sehingga bisa kami gunakan pada musim ini,” tutur Rhendi.

Bikin Bupati Bangga

Klaim sepihak yang dilakukan Tira Persikabo dengan menggunakan nama Persikabo 1973 mengundang polemik. Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, sudah memperingatkan hal tersebut tidak bisa dilakukan musim ini karena harus melalui proses panjang.

“Tahun ini bisa saya pastikan Tira Persikabo masih menggunakan nama itu dan belum berganti. Pengesahan tersebut akan dilakukan pada saat kongres tahun 2021,” tegas Cucu Somantri beberapa waktu lalu.

Bupati Bogor, Ade Yasin, yang turut hadir dalam peresmian skuat Tira Persikabo juga sudah mendeklarasikan tim asuhan Igor Kriushenko itu dengan nama Persikabo 1973. Sebagai bagian dari suporter, Ade Yasin bangga Persikabo bisa kembali meramaikan kasta tertinggi sepak bola di Indonesia.

“Melalui nama baru ini mudah-mudahan bisa menjadi semangat baru buat Persikabo. Alhamdulillah, pendukung Persikabo merasa bangkit kembali dan mereka juga senang karena Persikabo bisa bertanding lagi di pentas tertinggi Indonesia,” ucap Ade Yasin.