Timnas Indonesia U-19 Akan Latihan di Jerman dan Spanyol

PSSI terus mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 2021. Pada pertengahan tahun ini, tim Garuda Muda rencananya akan menimba ilmu di Jerman dan Spanyol.

Rencananya, pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19 di Jerman dan Spanyol bakal berlangsung pada Juni 2020. Setelah dari dua negara di Eropa itu, Skuat Garuda dijadwalkan beruji coba melawan berbagai negara.

“Rencana pada Juni 2020, Timnas Indonesia U-19 akan TC di Jerman dan Spanyol,” ujar Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI.

“Kemudian pada Oktober 2020, kami akan mendatangkan negara-negara dari Asia, Eropa Timur, dan Afrika sebagai lawan uji coba Timnas Indonesia U-19. Tentu, uji coba ini baik buat kami,” kata pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 telah melangsungkan TC di Chiang Mai, Thailand, pada akhir Januari lalu. Di sana, pelatih Shin Tae-yong fokus menggenjot fisik pemain.

Selama TC di Thailand, Iwan Bule menerima sejumlah catatan dari Shin Tae-yong. Satu di antaranya adalah peningkatan daya tahan tubuh pemain Timnas Indonesia U-19.

“Dari situ, kami berdiskusi dengan Shin Tae-yong, ada beberapa catatan. Fisik pemain di bawah rata-rata sehingga di sana, fisik digenjot terus. Urusan teknik belakangan. Pelatih fokus meningkatkan kondisi fisik pemain,” imbuh Iwan Bule.

Iwan Bule juga berjanji akan mempertimbangkan pemain Garuda Select untuk mendapatkan kesempatan dipanggil Timnas Indonesia U-19. Program akselerasi kerja sama PSSI dengan Mola TV itu saat ini masih menimba ilmu di Inggris.

Skuat Garuda Select akan kembali ke Tanah Air pada April mendatang.

“Ditambah nanti ada pemain Garuda Select yang akan diseleksi,” tutur Iwan Bule.