Timnas Indonesia Segera Dibubarkan, Shin Tae-yong Punya Pesan untuk Pemain

Timnas Indonesia segera dibubarkan lantaran periode pemusatan latihan (training centre) hampir selesai. Mulai berkumpul pada 13 Februari 2020, Hansamu Yama dan kawan-kawan akan dipulangkan ke tim masing-masing pada Minggu (23/2/2020).

Sebelum TC rampung digelar, Timnas Indonesia beruji coba melawan Persita Tangerang di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Sayang, hasilnya jauh dari harapan. Skuad asuhan Shin Tae-yong hanya jadi bulan-bulanan setelah menelan kekalahan 1-4.

Rencana Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia Digulung Persita 1-4
Shin Tae-yong akan kembali menggelar TC untuk Timnas Indonesia pada 16 Maret 2020 sebagai persiapan menatap Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia melawan Thailand pada 26 Maret dan Uni Emirat Arab (UEA) lima hari berselang.

“Jadi, setelah pemain pulang, kami meminta para pemain menjaga pola makan. Tidak boleh memakan gorengan dan harus makan daging,” ujar Shin Tae-yong.

“Kenapa makan daging? Supaya energi dan otot terbentuk. Saya juga membuat program latihan pribadi kepada pemain saat kembali ke tim masing-masing,” kata pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Shin Tae-yong begitu gemar mengingatkan para pemainnya untuk menghindari konsumsi gorengan. Sebab, akan sia-sia latihan fisik Timnas Indonesia selama TC jika tidak diimbangi dengan asupan makanan yang ideal.

Pada TC Timnas Indonesia pertamanya, Shin Tae-yong memanggil 34 nama. Mayoritas pemain merupakan darah muda nan segar dan empat di antaranya dipromosikan dari timnas U-19.

Hingga pengujung TC, Shin Tae-yong masih belum mengantongi kriteria pemain yang dinilainya layak menghuni skuad Timnas Indonesia. Pasalnya selama latihan, arsitek asal Korea Selatan tersebut hanya fokus meningkatkan ketahanan tubuh para pemain.

“Saya tidak bisa bilang mana pemain yang bagus mana pemain yang cocok dengan saya karena selama ini kami hanya berlatih fisik saja. Karena kelelahan di laga uji coba, jadi para pemain tak menunjukkan hasil maksimal,” tutur Shin Tae-yong.