FA Inggris Berikan Lisensi Kepelatihan kepada Pemain Garuda Select

Para pemain Garuda Select tidak hanya mendapatkan porsi latihan taktik selama di Inggris.

Bagus Kahfi dkk ternyata juga mendapatkan program kepelatihan level 1 dari federasi sepak bola Inggris (FA).

Pembekalan program kepelatihan level 1 FA merupakan bekal jangka panjang untuk pemain Garuda Select.

Dalam program tersebut, sebanyak 24 pemain Garuda Select akan mendapatkan lisensi atau sertifikat sebagai bukti mengikuti latihan dari FA.

“Meski masih berusia rata-rata 16 tahun, mereka sudah dibekali ilmu kepelatihan langsung dari Inggris yang berguna bagi kariernya di masa depan,” ucap Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise.

Salah satu materi yang diberikan dalam pelatihan adalah pertolongan pertama dalam keadaan yang tidak diinginkan alias darurat.

Para pemain diajarkan bagaimana melakukan tindak penanganan yang tepat di saat hal-hal yang bersifat darurat seperti pingsan, tersendak, maupun cedera.

Program latihan tersebut dirasakan sangat bermanfaat oleh para pemain Garuda Select, salah satunya Arsa Ahmad.

Pemain berposisi penyerang itu senang bisa mendapatkan program latihan yang menurutnya sangat penting untuk kariernya.

“Banyak sekali hal penting yang diajarkan. Salah satunya cara menangani kondisi darurat di mana salah satu rekan terjatuh pingsan,” kata Arsa Ahmad.

“Langkah-langkah yang dibutuhkan seperti membuka saluran pernapasannya, mengarahkan kepala menghadap ke atas, hingga mengecek detak jantungnya. Semuanya menjadi wawasan baru bagi kami,” ucapnya.

Sambil melakukan program kepelatihan level 1 FA, para pemain Garuda Select juga tengah fokus untuk melakoni pertandingan.