Terbitkan Rekomendasi Tepat Waktu, BOPI Berharap Liga 1 2020 Jadi Yang Terbaik

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya menepati janji mereka untuk menerbitkan rekomendasi bergulirnya kompetisi Liga 1 2020. Rekomendasi tersebit terbit tepat pada 21 Februari.

Dengan demikian, kick-off Liga 1 2020 akan berjalan sesuai jadwal, yakni 29 Februari. BOPI punya keyakinan Liga 1 edisi ini akan menjadi edisi terbaik, sejak digulirkan pada 2017, dengan nama itu.

“Kami berharap, penyelenggaraan Liga 1 musim 2020 lebih baik, karena berkaca pada musim kompetisi lalu penyelenggaraannya juga sudah lebih baik daripada musim sebelumnya,” kata Richard Sam Bera, ketua umum BOPI.

Richard juga ingin, bahwa Liga 1 bisa menjadi kopetisi yang berdampak positif bagi klub, dan penyelenggara. “Kami menekankan agar pengelolaan liga harus profesional, dengan mengutamakan aspek bisnis mendatangkan keuntungan,” urai dia.

Liga 1 musim lalu memiliki beberapa catata. Bahkan, pada laga perdana antara PSS Sleman dan Arema FC, sudah diwarnai kerusuhan suporter. Richard ingin, hal-hal seperti itu bisa menjadi evaluasi bersama.

“Kita ingat musim lalu, sehari setelah rekomendasi diberikan, kick-off Liga 1 digelar, langung ada kerusuhan pada partai pembuka antara PSS melawan Arema di Stadion Maguwoharjo,” ucap Richard.

“Karena itu, suporter harap mengedepankan nilai toleransi sportivitas, dan memberikan respek kepda suporter lain, klub, dan lingkungan sekitar. Hilangkan rasa kebencian berlebihan,” sambung mantan atlet renang itu.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sikap profesional dari setiap klub untuk memenuhi kewajiban mereka kepada pemain. Tak luput juga, bagaimana sikap profesional pemain sebagai seorang olahragawan.

“Semoga persoalan penunggakan gaji pemain di tengah musim kompetisi tidak terulang lagi. Kami pun berharap hubungan lebih intens dengan BOPI, tak hanya saat proses penerbitan rekomendasi seperti ini,” harap Cucu Somatri, direktur utama PT Liga Indonesia Baru.