Satgas Mafia Bola Jilid III Wilayah Jabar Siap Awasi Liga 1 2020

Satuan Tugas Mafia Bola (Satgas Mafia Bola) Jilid III wilayah Jawa Barat memastikan siap melakukan pengawasan dalam kompetisi Liga 1, 2 dan 3 musim ini. Pengawasan dilakukan untuk mewujudkan iklim kompetisi yang sehat.

Satgas Mafia Bola Wilayah Jabar yang diketuai Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar, Kombes Hendra Suhartiyono, mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait soal pengawasan ini.

Beberapa instansi tersebut antara lain Asosiasi Sepakbola Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat, Polisi Militer (POM), dan TNI. Mereka akan menjalin koordinasi untuk mengawasi pelaksanaan kompetisi sepak bola di Jabar pada musim 2020 mendatang.

“Dibentuknya Satgas Anti Mafia Bola Jilid III Polda Jabar tentu semuanya bermuara untuk mewujudkan sepak bola di Indonesia yang bersih, bermartabat, dan berprestasi, itu tujuannya,” ungkap Hendra di Mapolda Jabar, Jumat (21/2/2020).

“Targetnya, untuk menangkap mafia bola. Mafia bola ini macam-macam, bisa dari pemainnya, bisa dari wasit bandar judinya, dan banyak kemungkinan sebagai subjek hukumnya,” tambahnya.

Hendra menambahkan, telah menyiapkan sanksi bagi para mafia bola yakni pasal yang terdapat dalam Undang-Undang mengenai suap. Pasal-pasal lain juga sudah disiapkan oleh ketua Satgas Mafia Bola Jilid III Polda Jabar itu.

“Sanksinya juga kami sudah menyiapkan pasal-pasal UUD suap, nanti bisa dijerat dengan TPPU-nya, kemudian dengan masalah perjudiannya, kami sudah memberi formula untuk satu garis,” tandasnya.

Kompetisi Liga 1 2020 sendiri akan mulai bergulir pada akhir Februari mendatang. Sedangkan untuk Liga 2 dan Liga 3, dikabarkan akan berlangsung pada Maret 2020.