Ciri Khas Surabaya Jadi Pembukaan Liga 1 2020

Pertadingan pembuka Liga 1 2020 antara Persebaya Surabaya kontra Persik Kediri, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 29 Februari bakal dimeriahkan dengan seremoni.

Meski demikian, pertandingan pembuka tersebut belum tentu dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Menurut Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Sumantri, pihaknya masih harus melihat jadwal kerja presiden.

“Kalau untuk presiden kita lihat jadwal beliau cukup padat ya. Tapi paling tidak ada perwakilan dari Kemenpora atau segala macam. Bisa ditanya lagi ke ketua umum nanti,” ujar Cucu Sumantri.

PSSI, nantinya juga sudah merencanakan upacara untuk pembukaan kompetisi. Ada beberapa ciri khas Kota Surabaya yang menjadi konsep acara. “Ya, akan ada seremoni nanti di Surabaya. Seremoninya ada ciri khas Surabaya,” tuturnya.

Sebelumnya PT LIB berencana menggelar pertandingan antara Bali United sebagai juara Liga 1 musim lalu, melawan Persik Kediri yang merupakan kampiun Liga 2 2019.

Akan tetapi, hal itu urung dilakukan karena Bali United sedang ada jadwal untuk kompetisi di level AFC. Sebagai gantinya, Persebaya Surabaya yang merupakan runner-up Liga 1 yang menjadi tim pembuka kompetisi.