Aji Santoso Beberkan Penyebab Persebaya Bisa Menang Mudah atas Persija

Kartu merah yang didapat pemain Persija Jakarta, Ryuji Utomo diakui Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, telah menguntungkan anak asuhnya. Aji Santoso menilai dengan unggul jumlah pemain tersebut ternyata langsung membuat timnya mampu mendominasi permainan dan menekan Persija.

Berkat itu pula, Persebaya pun akhirnya mampu menang dengan skor meyakinkan 4-1 atas Persija di final Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 yang berlangsung di Stadion Delta Sidoarjo pada Kamis (20/2/2020) sore WIB. Gelar juara itu menjadi kedua kalinya bagi Persebaya, yang mana yang pertama kali terjadi pada edisi 2006 silam.

“Memang dengan mereka keluar maka kami bisa lebih banyak mendominasi karena kami unggul jumlah pemain,” ujar Aji Santoso, usai pertandingan, Kamis (20/2/2020).

Pelatih kelahiran Malang itujuga menilai jika keluarnya Evan Dimas dan masuknya Alfath Fathier membuat alur permainan Persija berubah. Ia merasa pertukaran pemain Persija yang dipilih sang pelatih, Sergio Farias, benar-benar telah menguntungkan Persebaya.

“Ditariknya Evan untuk memperkuat lini pertahanan membuat kami bisa mendominasi karena mereka (Persija) banyak bertahan,” tuturnya.

Aji Santoso menambahkan pasca kartu merah kepada Ryuji Utomo dan Persija mengganti pemain tengah dengan bek menjadikan lini tengah Persija tampak kesulitan berkembang. Hal itu berdampak suplai bola ke lini depan berkurang.

“Itu (kartu merah dan pergantian lini tengah Persija) mempermudah saya. Yang jelas Persija tadi memakai formasi 4-1-3-2, tidak ada ada sayap kiri, tapi Riko-nya yang tampak ke kanan,” tuturnya.

Sebagai informasi, Ryuji Utomo mendapat kartu merah di menit 16 setelah menjatuhkan David da Silva yang lolos dari kawalan pemain bertahan terakhir Persija.