Shin Tae-yong Perkenalkan Alat Canggih pada Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Pemusatan latihan Timnas Indonesia terlihat berbeda pada Rabu (19/2/2020). Pelatih Shin Tae-yong terlihat menggunakan teknologi untuk mengukur kemampuan fisik pemainnya.

Teknologi yang digunakan Timnas Indonesia itu bernama Smart Gate. Alat ini berguna untuk mengukur kecepatan, kelincahan, dan kebugaran pemain.

Alat ini berupa tripod yang atasnya terdapat lampu. Nantinya, pemain mengikuti sinar lampu yang membuat mereka harus melakukan pergerakan cepat.

Semua data pergerakan pemain bakal langsung terekam dan terhubung ke komputer maupun gawai. Setelah itu, data tersebut bisa dijadikan evaluasi buat pemain dan analisis dari pelatih.

Teknologi ini baru pertama diterapkan di Timnas Indonesia. Tidak hanya sepak bola, alat ini juga biasanya digunakan cabang olahraga basket, rugbi, hingga atletik.

Materi latihan fisik masih menjadi fokus pelatih Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Fisik sengaja digenjot karena pelatih asal Korea Selatan itu sadar hal tersebut yang selama ini menjadi penyebab buruknya permainan Timnas Garuda.

Tak hanya Smart Gate, Timnas Indonesia juga memakai teknologi GPS Sport Vest pada pemusatan latihan bersama pelatih Shin Tae-yong. Teknologi ini lebih dulu diperkenalkan Simon McMenemy pada April 2019 di Timnas Indonesia.

GPS Sport Vest adalah sejenis alat untuk mengirimkan data soal pergerakan pemain, jarak tempuh berlari, dan kecepatan. Data-data tersebut nantinya dikirim ke aplikasi yang terhubung di smartphone.

Secara garis besar, alat itu berguna untuk mengukur kemampuan seorang pemain dalam mengikuti sesi latihan.