Dipindah ke GBLA, Uji Coba Persib vs Tira Persikabo Tanpa Penonton

Bobotoh Persib Bandung dan suporter Tira Persikabo bisa jadi harus menelan kekecewaan. Pasalnya pertandingan uji coba kedua tim yang akan digelar Jumat (21/2), harus berlangsung tertutup alias tanpa penonton.

Selain itu, karena tidak keluarnya izin keamanan, laga yang sebelumnya akan diselenggarakan di Bogor, dipindahkan ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

“Kami tidak diizinkan bermain di sana (Bogor) dan pemain sudah dalam kondisi fit seperti ini. Kami juga tahu situasi di Bandung, hanya bisa menggunakan GBLA besok dan kami melihat ke depan karena kami butuh pertandingan ini,” ujar Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Kamis (20/2).

Meski tanpa penonton dan tempat dipindah, tentu Persib tak ada pilihan lain dan harus menjalani laga tanpa disaksikan bobotoh. “Dari informasi yang saya dapat, kami tidak diizinkan bermain di Bogor dengan penonton. Lalu di GBLA juga sama-sama tidak bisa disaksikan penonton, kami terpaksa harus menutup pintu stadion,” ucapnya.

Sejauh ini Persib sudah sudah melakoni sejumlah laga uji coba menyambut kompetisi Liga 1 tahun 2020 ini. Sejumlah tim sudah dijajal antara lain Melaka United, Barito Putera, Persis Solo, dan PSS Sleman.

Robert menegaskan semua laga uji coba atau persahabatan ini tidak hanya fokus pada perolehan skor dalam arti memenangi pertandingan. Lebih penting dari itu, Robert bisa menilai kesiapan pemain baik secara individu maupun tim secara keseluruhan
Sementara itu, pada laga uji coba melawan PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma, Kamis (20/2), tim Persib yang sebagian besar diisi pemain muda harus menerima kekalahan dengan skor 1-3.

Dilansir dari laman resmi Persib, Asisten pelatih PERSIB, Budiman, mengatakan kebugaran dan materi pemain menjadi kendala PERSIB pada laga tersebut. Dalam laga ini Persib menurunkan tujuh pemain mudanya. Sisanya, melibatkan pemain Diklat

“Memang kalau dari permainan kurang gereget. Tapi saya memakluminya dengan kondisi pemain yang baru dari Solo dan Yogyakarta langsung ke Cilacap. Kondisi tim juga lebih banyak dari Diklat Persib. Jadi hasil ini kami maklumi,” kata Budiman.

Kendati demikian, Budiman memastikan bakal tetap mengevaluasi laga ini. Apalagi, selama masa persiapan menuju Liga 1 2020, PERSIB terus berupaya meningkatkan performa pemainnya agar lebih siap.

“Hasil memang kurang bagus dan tetap jadi evaluasi buat jajaran pelatih. Training match ini menjadi pekerjaan rumah buat kami untuk melihat perkembangan pemain selama masa persiapan,” ujar pelatih berlisensi A AFC ini. (Ananda Gabriel/web)