Persebaya Diuntungkan di Laga Final , Persija Tak Peduli

Venue laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya versus Persija Jakarta resmi dipindahkan.

Awalnya, laga tersebut bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis 20 Februari 2020, namun Asprov PSSI Jawa Timur menyatakan Stadion GBT masih belum siap menyelenggarakan pertandingan karena perbaikan.

Alhasil, pertandingan dipindahkan ke Stadion Delta Sidoarjo. Jadwal juga mengalami perubahan. Tadinya, duel ini bakal digelar pukul 19.30 WIB, akan tetapi dipercepat empat jam atau pukul 15.30.

Secara geografis, letak Stadion Delta Sidoarjo tentu menguntungkan bagi Persebaya. Sebab, jarak dari Surabaya ke Sidoarjo bisa ditempuh dalam satu jam perjalanan.

Situasi ini pastinya akan membuat para pendukung Persebaya (Bonek) mudah memberikan dukungan penuh kepada armada Bajul Ijo.

Apalagi, panitia Piala Gubernur Jatim melarang suporter Persija (Jakmania) untuk hadir ke stadion. Sementara Bonek diizinkan menonton langsung.

Bukan tanpa alasan, memang ada unsur keamanan yang dijaga. Sebab, hubungan suporter Persebaya dan Persija, kurang akur.

Dengan segala situasi itu, tak ayal Persebaya menjadi tim yang diuntungkan. Meski demikian, bek senior Persija, Tony Sucipto tak mempermasalahkan hal tersebut

Mantan pemain Persib Bandung dan Sriwijaya FC itu menegaskan ia dan rekan-rekannya sudah sangat siap menyambut laga tersebut. Ia juga menegaskan konsentrasi pemain tidak terpengaruh perubahan lokasi penyelenggaraan.

“Persiapan final sama seperti laga lainnya. Karena waktunya singkat kami hanya fokus mengembalikan kondisi fisik,” kata Tony dalam laman resmi klub.

“Pertandingan digelar di mana pun kami tidak mau pikirkan, kami fokus pada tugas sebagai pemain. Karena ini masih pramusim, yang kami harapkan karakter tim dapat terbentuk dan menambah kekompakan,” tambahnya.

Di sisi lain, panitia pertandingan memilih mengurangi pendistribusian tiket dari jumlah kapasitas Stadion Delta. Stadion Delta sendiri memiliki kapasitas sebesar 30 ribu.

Namun, cuma 24 ribu tiket atau sekitar 80 persen dari kapasitas total stadion tersebut yang akan dijual untuk penonton. Panitia juga telah menyiapkan empat layar lebar di luar stadion untuk penonton yang tak kebagian tiket.