Tira Persikabo Belum Bisa Gunakan Nama Persikabo 1973

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri memastikan Tira Persikabo masih belum bisa berganti nama menjadi Persikabo 1973 di Kompetisi Liga 1 2020. Untuk tahun ini mereka tetap menggunakan nama Tira Persikabo.

Sebelumnya TIRA-Persikabo sudah mengklaim bahwa akan menggunakan nama Persikabo 1973 pada Liga 1 2020. Ini lantaran, perubahan nama tersebut sudah disahkan pada saat kongres Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat.

Namun hal ini dibantah oleh Cucu Somantri. Nama Persikabo 1973 belum mendapat pengesahan dari PSSI pusat.

“Untuk perubahan nama ini kan memang prosesnya dari bawah terlebih dahulu, mulai dari Asprov terlebih dahulu, baru ke pusat. Perubahan nama itu kan dilihat dari aturannya juga,” kata Cucu Somantri.

“Jadi tahun ini bisa saya pastikan TIRA-Persikabo masih menggunakan nama itu belum berganti. Karena pengesahan tersebut akan dilakukan pada saat kongres tahun 2021 mendatang,” tambah Wakil Ketua Umum PSSI tersebut.

Selain TIRA-Persikabo, sebelumnya ada Perseru Serui yang berubah nama menjadi Badak Lampung FC. Melihat ke belakang, fenomena pergantian nama ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh tim di Indonesia.

Ada Persijatim yang berganti menjadi Sriwijaya FC. Lalu, ada juga Bhayangkara FC yang sebelumnya bernama Persikubar, dan masih banyak beberapa tim yang berganti nama selain tiga tim tersebut.