Aturan Ketat Jam Malam di Timnas Indonesia ala Shin Tae-yong: Pukul 22 Sudah Harus Masuk Kamar

Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta. TC buat keperluan dua laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan UEA berlangsung pada 13-23 Februari 2020. Sejumlah aturan ketat pun diterapkan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kepada anak asuhnya.

Satu di antaranya terkait jam malam buat seluruh penggawa Garuda.

Para pemain Timnas Indonesia tak boleh meninggalkan hotel tempat menginap lebih dari pukul 22.00 WIB. Itu juga mereka tidak bisa seenaknya keluar hotel.

Jangan coba macam-macam dengan aturan ini. Pemain Tim Merah-Putih yang melanggarnya harus siap menanggung konsekuensi diusir dari pelatnas.

“Shin Tae-yong sangat disiplin. Kami dilarang keluar hotel. Kalau mau keluar, harus izin dan diberikan waktu juga. Paling lama keluar dari hotel itu pukul 9 atau 10 malam,” ujar bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, Senin (17/2/2020).

Para pemain pun terlihat menuruti aturan main ini, yang lebih ketat dibanding tiga pelatih asing sebelumnya, Simon McMenemy, Luis Milla, atau Alfred Riedl.

Ponsel Dilarang

Aturan Lain Aturan Shin Tae-yong tak sampai di situ. Arsitek asal Korea Selatan itu juga tak memperbolehkan para pemainnya membawa telepon seluler ke Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

“Kami juga tidak boleh membawa handphone (ponsel) ke tempat latihan,” imbuh Asnawi.

Adapun, TC kali ini digelar sebagai persiapan Timnas Indonesia menghadapi partai lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Terdekat, Skuat Garuda akan bertandang ke markas Thailand pada 26 Maret.