Kalah dari Tira Persikabo, Bojan Hodak Memuji Agresivitas PSM

PSM Makassar kalah 0-1 dari Tira Persikabo pada laga uji coba di Stadion Mini Cibinong, Minggu (16/2/2020). Satu-satunya gol pada laga ini dicetak striker Silvio Escobar pada menit ke-23.

Meski kalah, pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak mengaku puas dengan penampilan skuat asuhannya.

Menurut mantan pelatih Timnas Malaysia U-19 ini, menghadapi Tiira Persikabo, ia sengaja menerapkan strategi berbeda dari laga PSM sebelumnya. Pada uji coba ini Hodak menginginkan pemainnya tampil agresif sepanjang pertandingan.

“Strategi yang saya inginkan berjalan baik. Kami mendominasi pertandingan dan mendapatkan banyak peluang. Jadi, layaknya hasil uji coba, bukan soal kalah atau menang yang utama,” kata Hodak kepada awak media setelah laga.

Hodak menambahkan, pada laga ini, Tira Persikabo hanya mendapat dua peluang berbahaya. Sedangkan PSM harusnya mencetak minimal lima gol. Itulah mengapa, Hodak menunjuk kiper Persikabo, Dwi Kuswanto, sebagai bintang dalam uji coba kali ini.

“Kiper Persikabo layak menjadi man of the match pada pertandingan tadi. Ia membuat kami kesulitan mencetak gol,” kata Hodak.

Setelah menghadapi Persikabo, PSM Makassar masih akan melakoni satu laga uji coba lagi menghadapi klub Liga 2, Persiba Balikpapan, juga di Stadion Mini Cibinong, Selasa (18/2/2020). Hodak menyiratkan bakal memainkan strategi sama pada laga nanti.

Dua uji coba ini merupakan rangkaian persiapan PSM Makassar menghadapi Shan United pada laga kedua Grup H Piala AFC 2020.

PSM dan Hodak wajib tampil agresif untuk memburu kemenangan atas Shan. PSM butuh tiga poin setelah pada laga perdana kalah 1-2 dari Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura (12/2/2020).

Di sisi lain, pelatih Tira Persikabo, Igor Nikolayevich Kriushenko, mengakui PSM tampil baik. Itulah mengapa pelatih asal Belarusia ini mengapresiasi penampilan penuh semangat yang diperlihatkan pemainnya.

“PSM memilki banyak pemain berkualitas. Saya berterima kasih kepada pemain yang memperlihatkan motivasi tinggi untuk memenangi pertandingan,” ucap Kriushenko.