Fokus Makan Konate Hanya buat Persebaya, Tak Lagi Arema

Gelandang Persebaya, Makan Konate, harus menerima kenyataan bakal menjumpai mantan klubnya di pramusim 2020. Dia bakal berhadapan dengan Arema dalam laga semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Supriyadi, Blitar, Selasa (18/2/2020).

Konate sudah berbicara mengenai potensi bertemu dengan klub yang dibelanya selama satu setengah musim tersebut. Rupanya, pemain asal Mali itu tidak harus menunggu sampai bergulirnya Liga 1 2020 untuk berjumpa mantan klubnya itu.

Konate sadar namanya masih terus dikaitkan dengan Arema, apalagi dia membuat keputusan berani dengan “menyebrang” ke Persebaya awal musim ini. Dia merasa harus profesional dan memberikan yang terbaik untuk Persebaya.

“Kami fokus semifinal. Siapapun lawannya, Arema atau Persija, sama. Kami fokus saja di pertandingan. Saya pernah bilang, saya tidak ada masalah kalau ketemu Arema di pramusim. Sekarang saya bersama Persebaya, saya harus fokus untuk Persebaya,” kata Konate.

Persebaya dan Arema merupakan dua tim asal Jawa Timur yang terlibat rivalitas sejak era Liga Indonesia 1990-an. Persaingan keduanya juga dilatari oleh kurang harmonisnya hubungan kedua kelompok suporter, Bonek dan Aremania, dalam laga bertajuk Derbi Jatim.

Kedepankan Profesionalitas

Kepindahan pemain berpostur 178 cm itu dari Arema ke Persebaya di bursa transfer awal musim ini masih terus menjadi pembicaraan. Apalagi, momen itu terjadi saat ia diperebutkan oleh beberapa klub.

Selain klub berjulukan Bajul Ijo itu, Persib Bandung dan Bhayangkara FC yang juga dikabarkan sempat berminat menggunakan jasanya.

Maklum, Konate bisa dibilang salah seorang playmaker asing yang meraih kesuksesan berkarier di Indonesia. Musim lalu, dia menyumbang 15 gol dan 11 assist dari 33 penampilan untuk Arema. Ia juga mempersembahkan trofi Piala Presiden 2019 untuk tim Singo Edan.

“Saya bersama Persebaya, melawan Arema atau klub manapun, saya akan memberikan yang maksimal untuk Persebaya. Saya akan bertanding sebagai pemain profesional,” imbuh pemain berusia 28 tahun itu.