Bonek Gelar Nobar Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 di Surabaya

Bonek, pendukung Persebaya, memastikan diri akan mengelar nonton bersama (nobar) semifinal Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 di Surabaya.

Persebaya Surabaya akan bertemu Arema FC pada laga babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 yang ditetapkan bakal digelar di Stadion Supriyadi, Blitar, Selasa (18/2/2020).

Panpel Piala Gubernur Jatim 2020, Aprov PSSI Jawa Timur, memutuskan laga semifinal yang mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Arema FC bakal digelar tanpa penonton.

Keputusan tersebut diambil setelah Aprov PSS Jawa Timur melakukan pertemuan dengan pihak Polda Jatim di Surabaya, Minggu (16/2/2020).

Sebelumnya, panpel sudah memutuskan semifinal bakal dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Senin (17/2/2020), namun keputusan itu pun berubah dengan venue dipindahkan ke Blitar.

Dirintelkam Polda Jatim Kombespol Slamet Hariyadi mengatakan bahwa panpel dan Polda sudah melakukan patroli untuk melihat keadaan, dan ternyata keadaan dinilai tak kondusif, sehingga laga tersebut dipindahkan ke tempat yang netral.

“Kami sudah melakukan pengecekan via cyber patrol, dan ternyata situasinya tidak kondusif bila laga berlangsung di Malang,” kata Slamet Hariyadi seperti yang dilansir BolaSport.com dari laman resmi Persebaya Surabaya.

“Selain itu, karena laga ini bersifat single match takutnya timbul iri hati oleh salah satu pihak suporter karena berbeda dengan Liga yang berlangsung home dan away oleh karena itu kami menyarankan agar laga berlangsung di tempat netral dengan status tanpa penonton,” ucap Slamet.

Bukan hanya dari jajaran Polda Jatim saja yang menyarankan hal seperti ini, Kabagops Polres Malang Kabupaten Kompol, Anang Trihananta, juga menyarankan agar pertandingan Arema FC lawan Persebaya tidak diselenggarakan di Stadion Kanjuruhan.

“Kami menyarankan bahwa laga Arema vs Persebaya tidak berlangsung di Malang, hal ini dikarenakan untuk menjaga kondusivitas Malang menjelang Pilkada,” ujar Anang.

Keputusan tersebut pun membuat Persebaya membatalkan keberangkatannya ke Malang, dan anak asuh dari Aji Santoso pun bakal bertolak ke Blitar.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mengaku bahwa timnya bisa bermain dimana saja dan tak keberatan akan keputusan dari Panpel Piala Gubernur Jatim 2020.

“Kami siap bermain di mana pun, menghadapi siapa pun. Ini pra musim, akan kami maksimalkan untuk menguji kemampuan jelang Liga 1,” kata Aji Santoso.

Bonek dan Bonita sebagai pendukung Persebaya pun akan mematuhi aturan dari Panpel, serta akan mengelar acara nonton bersama untuk mendukung tim Bajul Ijo tersebut.

Fans Relation manager Persebaya, Sidik Tualeka mengatakan bahwa pendung tim kebanggaan kota Pahlawan itu akan nonton bersama di Surabaya.

“Kami harap Bonek-Bonita tidak berangkat ke Blitar. Kami akan menyelenggarakan sejumlah nonton bareng di Surabaya.”

“Biar kami bisa tetap merasakan atmosfer memberikan dukungan kepada tim kebanggaan bersama-sama,” tutur Sidik Tualeka.