Pelatih dan Pemain Persib Terkesan dengan Stadion Manahan

Duel Persis Solo melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam (15/2/2020), meninggalkan kesan mendalam bagi pelatih maupun pemain tim Maung Bandung.

Secara khusus, selatih Persib Bandung, Robert Alberts, langsung teringat kenangan di Stadion Manahan pada 2010. Saat itu ia mendampingi Arema menghadapi Sriwijaya FC dalam partai final Piala Indonesia.

Laga final yang penuh drama itu dihadiri pilihan ribu Aremania. Laga yang dipimpin wasit Jimmy Napitupulu itu sempat dihentikan karena insiden kartu merah Noh Alam Syah.

Kapolda Jateng saat itu, Alex Bambang Riatmodjo, turun ke lapangan meminta agar laga yang terhenti dilanjutkan, namun wasit perlu diganti.

Laga pun kembali dilanjutkan, meski ada intervensi dari Kepolisian. Arema pada akhirnya kalah 1-2 dari Sriwijaya FC.

Kini, Robert Alberts, merasa berbeda berada di Stadion Manahan, yang baru saja selesai direnovasi dengan biaya mencapai Rp300 miliar tersebut.

“Saya masih ingat pertandingan itu, bagaimana kondisi Stadion Manahan saat itu. Namun, sekarang sudah sangat jauh berbeda, sungguh fantastis kelengkapannya. Stadion Manahan sudah sangat modern,” ujar Robert Alberts kepada Bola.com setelah pertandingan.

Layak untuk Piala Dunia U-20 2021

Komentar sama disampaikan pemain senior Persib Bandung, Fabiano Beltrame. Bek naturalisasi asal Brasil ini menilai Stadion Manahan cukup mewah.

Menurutnya, Stadion Manahan layak jadi venue Piala Dunia U-20 2021. Ia mengakui kualitas ruang ganti, lapangan, hingga pencahayaan di Stadion Manahan sangat keren.

“Saya sudah sering bermain di stadion ini baik saat membela Persela Lamongan dan Persija Jakarta. Tapi, untuk kesempatan ini, Stadion Manahan sudah berubah total. Selamat untuk seluruh warga Solo. Semoga bisa mendapatkan hiburan spesial Piala Dunia U-20 2021,” kata Fabiano.

Persib memetik kemenangan 2-0 atas tuan rumah Persis. Dua gol kemenangan masing-masing disumbangkan Beckham Putra dan Zulham Zamrun, seluruhnya pada babak pertama.

Laga uji coba ini menjadi rangkaian peresmian kembali Stadion Manahan setelah direnovasi. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.