Penonton Duel Persis Vs Persib di Stadion Manahan Wajib Mematuhi Aturan Super Ketat

Banyak aturan main yang bakal diterapkan pada pertandingan uji coba antara Persis Solo menjamu Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (15/2/2020). Aturan super ketat telah ditetapkan agar Stadion Manahan tetap terjaga dengan baik.

Seperti diketahui, Stadion Manahan yang baru saja selesai direnovasi, untuk kali pertama menjadi venue pertandingan yang melibatkan puluhan ribu penonton.

Kondisi Stadion Manahan, yang renovasinya menelan anggaran hingga lebih dari Rp300 miliar ini, harus tetap terjaga baik mengingat markas Persis Solo ini juga akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Aturan serta pengawasan yang super ketat bertujuan untuk menghindarkan Stadion Manahan dari tangan-tangan jahil atau ulah tidak terpuji penonton.

Aturan tersebut antara lain; dilarang merokok di Stadion Manahan, dilarang merokok elektrik (vapor), dilarang membawa korek api, flare, petasan, senjata tajam, senjata api, stik untuk giant flag, membawa hewan, melakukan kegiatan vandalisme, hingga tidak diperkenankan membawa botol air mineral.

“Kami harus menjaga Manahan, sesuai kesepakatan saat rapat dengan pihak terkait. Uji coba Stadion Manahan dengan layaknya pertandingan resmi melibatkan penonton. Jadi, semua harus mematuhi aturan-aturan itu,” ujar Aulia Haryo Suryo, residen Pasoepati, kelompk suporter Persis Solo, kepada Bola.com, Kamis (13/2/2020).

“Perlu diingat juga bahwa kawasan Stadion Manahan juga dilengkapi CCTV deteksi face to face sehingga setiap sudut Stadion Manahan terlihat atau terekam lewat CCTV. Siapa yang bertindak anarkis, akan terlihat,” jelasnya.

Tak Ada Kuota untuk Bobotoh

Pria yang akrab disapa Rio ini menambahkan tiket pertandingan melawan Persib sudah sold out untuk kategori ekonomi. Hanya tiket kelas VIP dengan membeli jersey ofisial pramusim Persis Solo yang masih tersedia.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan suporter Persib, yakni Bobotoh, bahwa tidak ada kuota untuk mereka. Seluruh tiket penonton yang dijual sudah dipastikan menjadi milik pendukung Persis dan penonton umum.

“Untuk itu, kami sudah berkirim surat ke Persib dan kelompok suporter mereka. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata Rio.