Lima Klub Terancam Terusir dari Stadionnya Jelang Liga 1 2020

Aspek infrastruktur stadion menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan Liga 1 2020. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi tak mau main-main di area ini.

Jika ada stadion yang tak memenuhi standar dalam proses verifikasi, maka jangan harap klub yang bersangkutan bisa menggelar laga kandang di stadion tersebut.

“Kami mulai bergerak ke daerah. Sebagian standar stadion sudah terpenuhi. Tapi masih ada seperti lampunya yang rusak dll.,” ucap Cucu Soemantri, Direktur LIB, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Terkait ada beberapa klub yang masih bermasalah di aspek infrastrutur, Cucu mengatakan ada sekitar lima lagi. Mereka pun terancam terusir dari stadion yang diproyeksikan jadi kandangnya.

“Paling tidak masih ada lima stadion yang perlu diverifikasi. Kalau tidak layak, kandangnya kami geser,” tuturnya.

Namun, masih ada waktu bagi klub untuk membereskan stadionnya sesuai standar Liga 1 yang mengacu ke FIFA. LIB memberikan batas waktu hingga 22 Februari 2020.

“Paling lambat satu minggu sebelum kick off stadionya sudah siap. Misalnya pada 29 kick off, satu pekan sebelumnya harus sudah siap,” kata Cucu lagi.