Prediksi PSM Vs Lalenok United: Tetap Waspada

PSM Makassar tetap memburu kemenangan saat menjamu Lalenok United pada leg kedua play-off Piala AFC 2020 di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (29/1/2020).

Pelatih PSM, Bojan Hodak mengatakan, kemenangan telak 4-1 pada leg pertama belum sepenuhnya menggambarkan kekuatan skuatnya. Hodak malah menilai PSM masih banyak menyimpan kelemahan.

Hal itu bisa dimaklumi karena kualitas Lalenok memang dibawah Juku Eja. Apalagi pada pertandingan itu, Lalenok terpaksa bermain dengan 10 pemain akibat kartu merah yang didapat kiper utamanya, Agbozo Nathaniel pada menit ke-25.

Mantan pelatih Timnas Malaysia U-19 juga secara khusus menyoroti gol tunggal Lalenok yang dicetak striker Daniel Adade pada menit ke-3.

“Gol itu tak perlu terjadi kalau lini belakang tak lengah,” kata Hodak.

Menjelang leg kedua, Hodak fokus membenahi kelemahan lini belakang. Ia pun meminta pemainnya tetap tampil menekan sepanjang pertandingan nanti.

“Bagi saya, setiap laga di Piala AFC 2020 adalah wadah untuk menilai perkembangan tim. Seperti yang Anda tahu, kami tak pernah menggelar uji coba sebelumnya,” terang Hodak.

Menghadapi Lalenok, Hodak kemungkinan melakukan rotasi di lini belakangnya. Kembali bergabungnya Asnawi Mangkualam dalam latihan membuat Hodak memiliki tambahan opsi di posisi bek kanan.

Ahmad Agung yang menjadi starter kemungkinan besar disimpan. Hodak akan mengoptimalkan bek senior, Zulikifli Syukur dan Asnawi sebagai pelapis. Begitu pun di posisi stoper. Abdul Rahman berpeluang mendapatkan menit bermain sebagai pendamping Hussein El Dor.

Sementara di lini depan, Hodak ingin mematangkan duet striker PSM Makassar, Giancarlo Rodrigues-Ferdinand Sinaga yang sama-sama mencetak gol ke gawang Lalenok pada leg pertama. Giancarlo mengemas satu gol. Sedangkan Ferdinand memborong tiga gol lainnya.

Lalenok Realistis

Pelatih Lalenok United, Yantje Metmey memilih realistis. Menurut Yantje, kekalahan 1-4 pada leg pertama membuat Lalenok berada dalam situasi sulit. Mereka harus menang minimal dengan selisih tiga gol bila ingin lolos ke babak penyisihan grup.

Yantje hanya meminta para pemainnya tetap tampil dengan determinasi tinggi dan kemampuan terbaik masing-masing.

“Kami sudah melakukan evaluasi dan membenahi kesalahan yang terjadi pada leg pertama. Sejatinya, Lalenok juga mendapatkan peluang untuk mencetak gol lebih dari satu,” ujar Yantje pada jumpa media di Bogor, Selasa (28/1/2020).

Mantan pelatih PSS Sleman ini merujuk kesalahan yang dibuat kiper utamanya, Agbozo Natahaniel yang mendapat kartu merah saat kedudukan masih 1-1.

“Bermain dengan 10 pemain menghadapi PSM jelas membuat kami kesulitan. Terutama pada keseimbangan tim,” terang Yantje.

Jadi meski tak mudah, Yantje tetap berharap Lalenok bisa mengimbangi atau bahkan mengalahkan PSM Makassar.

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Miswar Saputra (kiper); Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Hussein El Dor, Leo Guntara (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, M. Arfan, Irsyad Maulana (tengah); Ferdinand Sinaga, Giancarlo Rodrigues (depan).

Pelatih: Bojan Hodak

Lalenok United FC (3-6-1): Agbozo Nathaniel (kiper); Francisco Minorino, Gaspar da Silva, Duarte Ximenes (belakang); Francisco da Costa, Helder Valente, Elias Joao, Armindo de Almeida, Paulo Freitas, Fabio Christian (tengah); Daniel Adade (depan).

Pelatih: Yance Matmey