2 Pemain Dapat Kartu Merah, PSM Lolos ke Babak Penyisihan Piala AFC

PSM Makassar berhasil melangkah ke babak penyisihan Piala AFC 2020 setelah meyingkirkan wakil Timor Leste, Lalenok United. Pada partai leg kedua babak play-off di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Rabu (29/1/2020), tim berjulukan Pasukan Ramang itu menang 3-1.

Pada pertemuan pertama, 22 Januari 2020, PSM Makassar membungkam Lalenok United 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Pada laga leg kedua, PSM unggul cepat pada menit ke-5. Bola umpan Wiljan Pluim mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Giancarlo Rodrigues.

Keunggulan PSM bertambah pada menit ke-29. Menerima umpan Pluim, Ferdinand Sinaga sukses menanduk bola untuk menggetarkan gawang Lalenok.

PSM terpaksa bermain dengan sepuluh orang pada menit ke-34. Mulanya, Pluim diganjar kartu kuning oleh wasit Hasan Akrami. Namun, Pluim protes. Hasilnya, ia dihadiahi kartu kuning kedua.

Permainan keras tim Juku Eja kembali berujung negatif. Gara-gara menekel pemain Lalenok dengan dua kaki, Arfan langsung diusir keluar lapangan oleh wasit Hasan. PSM lalu bermain dengan sembilan orang.

Kondisi ini mampu dimanfaatkan oleh Lalenok. Juara Liga Timor Leste pada musim lalu itu memperkecil skor pada menit ke-69 melalui Paulo Gali Freitas.

Bermain dengan sembilan orang tidak mengendurkan serangan PSM. Tim besutan Bojan Hodak ini justru berhasil memperbesar skor menjadi 3-1 via sundulan Irsyad Maulana pada menit ke-85 setelah menerima umpan Zulkifli Syukur.

Hingga laga tuntas, skor tidak berubah. PSM Makassar berhasil lolos ke babak penyisihan Piala AFC dengan agregat 7-2.

Susunan Pemain

PSM Makassar (3-4-3): Miswar Saputra (k); Zulkifli Syukur, Leo Guntara, Ahmad Agung (b); Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Irsyad Maulana (t); Ferdinand Sinaga, Giancarlo Rodrigues, Hussein El Dor (d)

Pelatih: Bojan Hodak

Lalenok United (3-5-2): Celestino Xavier (k); Yohanes Kapitan, Gaspar da Silva, Francisco Savio (b); Francisco da Costa, Elias Joao, Armindo de Almeida, Paulo Gali Freitas, Fabio Pereira (t); Daniel Adade, Rufino Gama (d)

Pelatih: Yance Metmey