Persebaya Pasrah Osvaldo Haay Memutuskan Pergi

Persebaya Surabaya gagal mempertahankan Osvaldo Haay. Pemain berusia 21 tahun itu memutuskan membela klub lain setelah kontraknya bersama Bajul Ijo berakhir pada 31 Januari 2020.

Manajemen Persebaya Surabaya mengaku sudah mengirim tawaran perpanjangan kontrak kepada Osvaldo Haay. Namun, dia memilih untuk hengkang setelah tidak mengikuti pemusatan latihan Persebaya di Yogyakarta dengan alasan mengurus PNS.

“Osvaldo itu sudah pernah kami ajak ketemu, sama pelatih juga. Kami memberi opsi untuknya. Tapi, seperti disampaikan Coach Aji Santoso, Osvaldo ingin cari tantangan di luar Persebaya,” kata Ram Surahman, sekretaris Persebaya.

“Kami menghormati dia. Intinya, kami memberi tawaran dan berbicara dengan pemain. Lalu, kalau kemudian hatinya tidak sreg bersama, artinya sudah tidak ada kecocokan,” imbuh pria asli Gresik tersebut.

Sementara itu di sisi lain, Persebaya tercatat sudah memiliki delapan pemain untuk menghuni lini depan. Jika Osvaldo Haay masuk, jumlah itu akan bertambah menjadi sembilan dan menambah sesak stok pemain depan.

Delapan pemain depan Persebaya Surabaya itu adalah David da Silva, Patrich Wanggai, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Mahmoud Eid, Bayu Nugroho, Hambali Tolib, dan Mochammad Supriadi.

Aji Santoso Pasrah

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memasrahkan keputusan ini kepada Osvaldo Haay. Dia juga mengirim kode tidak akan merasa kehilangan seandainya Osvaldo memutuskan pergi karena komposisi timnya sudah pas.

“Osvaldo sampai sekarang belum bergabung. Tidak ada masalah saya beri kebebasan dia. Kalau bergabung saya suka, tidak bergabung saya tidak ada masalah, karena itu pilihan dia,” ucap pelatih asli Malang itu.

Selama dua pekan ini, Osvaldo Haay masih terus dikaitkan dengan Persija Jakarta. Dia tidak menampik tawaran dari klub itu. Demikian halnya dengan Persija yang terang-terangan mengincarnya.

Kemungkinan, kedua pihak sudah menemui kesepakatan untuk bekerja sama di musim 2020. Persija bakal menunggu sampai kontrak Osvaldo di Persebaya rampung, baru akan mengumumkannya sebagai rekrutan baru.