Direksi Baru PT LIB Diisi Exco PSSI dan Petinggi Klub Liga 1

Kompetisi Liga 1 2020 masih diputar oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Setiap tahunnya di awal musim, operator yang berdiri pada 2017 itu rutin menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

RUPS PT LIB tahun ini berlangsung di The Anvaya Beach Resort, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (23/1/2020). Sebagian hasilnya berupa pergantian pada susunan direksi. Dirk Soplanit yang sebelumnya memerankan posisi sebagai direktur utama dan Gusti Randa yang menjadi komisaris lengser dari jabatannya.

Posisi Dirk lalu digantikan oleh Wakil Ketua PSSI, Cucu Somantri. Adapun, Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, Hasani Abdulgani, Endri Erawan, dan Hakim Putratama, mengisi pos komisaris PT LIB sepeninggal Gusti Randa.

Munafri, Chief Executive Officer (CEO) PSM Makassar dan Ferry Paulus, Direktur Olahraga Persija Jakarta notabene adalah petinggi dari peserta Liga 1 2020. Adapun, Endri Erawan berasal dari kontestan klub Liga 2, Mitra Kukar, yang menjabat sebagai CEO klub. Selain itu, ia bersama Cucu dan Hasani adalah bagian dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Posisi direksi lainnya di PT LIB diisi oleh Sonhadji selaku komisaris utama, yang juga menjabat sebagai anggota Exco PSSI.

Dinukil dari laman PSSI, Sujarwo diplot sebagai Direktur Operasional, Anthony Chandra Kartawiria untuk pos Direktur Keuangan, dan Rudy Kangdra menjadi Direktur Bisnis PT LIB.

Dari penelusuran Bola.com, Anthony Candra merupakan Direktur Keuangan PT MNC Vision Networks (MVN), perusahaan media milik Hary Tanoesoedibjo. Lalu, Rudy Kangdra adalah Direktur Utama PT Mitra Media Perkasa, dan Hakim Putratama, punya latar belakang sebagai Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Konsumer PT Bank Pembangunan Derah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).

“Kami baru saja menyelesaikan RUPS dan satu di antara agendanya untuk penunjukan dan perubahan direksi. Kami mendapat amanah dari hasil RUPS sebagai jajaran komisaris dan direksi dari PT Liga Indonesia Baru,” ujar Cucu.

Susunan Direksi PT LIB

Komisaris Utama: Sonhadji

Komisaris: Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, Hasani Abdulgani, Endri Erawan, Hakim Putratama

Direktur: Cucu Somantri

Direktur Operasional: Sujarwo

Direktur Keuangan: Anthony Chandra Kartawiria

Direktur Bisnis: Rudy Kangdra