Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

VO2Max 4 Pemain Timnas Indonesia U-19 Ada di Atas Rata-rata

Timnas Indonesia U-19 baru saja menuntaskan rangkaian tes fisik di Alpine Football Camp, Chiang Mai, Thailand, pada Rabu (22/1/2020) siang. Theo Fillo D Numberi, menjadi pemain Tim Merah-Putih yang paling tinggi nilai tes VO2Max-nya.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-19 Nova Arianto, memaparkan kondisi kebugaran seluruh pemain dipantau secara seksama Shin Tae-yong dan seluruh staf kepelatihan.

Dokter tim yang mendampingi ke Thailand, El Amin, mengungkapkan Theo bahkan berada di atas 60 poin VO2Max.

“Nilainya di antara 62 sampai 64. Dia paling bagus VO2Max-nya,” ungkap El Amin.

Selain dia, ada juga tiga pemain lain yang nilai VO2Max-nya di atas 60. “Ada Serdi Ephi Fano, Andi Irfan, dan Irfan Jauhari, nilainya di atas 60. Poin mereka di bawah Theo Fillo,” katanya.

Hasil tes para pemain Timnas Indonesia U-19 cukup lumayan. Banyak pemain yang dalam kondisi tak prima karena mereka tak dapat jam bertanding dari klubnya. “Untuk pemain seusia mereka angka VO2Max relatif bagus,” ucap El Amin.

Tes fisik Timnas Indonesia U-19 di Thailand dilakukan di luar lapangan. Tak ada tes fisik menggunakan alat-alat mekanis seperti treadmill dan lainnya.

“Tidak ada pakai treadmill, semua tes dilakukan di lapangan, tidak ada yang di dalam ruangan,” terangnya.

Tim pelatih tak melakukan tes MRI, yang akan digeber di lain waktu. Para pemain dilihat kondisi kebugarannya, Shin Tae-yong menilai PR terbesar Tim Garuda Muda ada di kondisi fisik. Mereka diragukan bisa bugar menjalani laga selama 90 menit.

Shin Tae-yong ingin anak-asuhnya bermain dengan itensitas tinggi. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan pemain-pemain dengan kondisi fisik yang prima.

Agenda Padat Selama 12 Hari

Selama di negeri Gajah Putih, Timnas Indonesia U-19 dihadapkan dengan jadwal padat. Mereka berada di Thailand selama 12 hari.

“Ada lima pertandingan dalam kurun waktu 12 hari sehingga mereka akan dilihat bagaimana ritme kerja sama kemudian komposisi dari para pemain ini,” kata Mochammad Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, Timnas Indonesia U-19 ini masih bakal digabung dengan Garuda Select, yang sedang melakukan pemusatan latihan di Italia.

“Pelatih Shin Tae-yong dan Indra Sjafri akan melihat bagaimana match di lapangan nanti. Tim ini belum baku, masih bisa berganti. Namun, mudah-mudahan ini, termasuk yang sudah masuk tim inti tambah Garuda Select yang kita kombinasikan bersama setelah berlatih di Thailand.”

Ditegaskannya, skuat Garuda yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 masih belum final. Masih ada seleksi dengan sistem promosi dan degradasi seperti yang dilakukan pelatih Indra Sjafri saat menangani Timnas U-19 dan U-23.

“Perombakan masih sangat mungkin. Kolaborasi pelatih kita akan bekerja keras mendapatkan kerangka tim yang kuat,” kata Iriawan.

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-19

1. Ahmad Rusadi
2. Serdy Ephy Fano Boky
3. Muhammad Kanu Helmiawan (Babel United)
4. Komang Tri Arta Wiguna (Bali United)
5. Irfan Jauhari (Bali United)
6. Mochamad Yudha Febrian (Barito Putera)
7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (Barito Putera)
8. Hamsa Medari Lestaluhu (Bhayangkara FC)
9. Arya Putra Gerryan Senyiur (Borneo FC)
10. Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan)
11. Witan Sulaeman (PSIM)
12. Muhammad Fadhil Adhitya Aksah (Martapura FC)
13. Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya)
14. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
15. Braif Fatari (Persija Jakarta)
16. Sutan Diego Armandoondriano Zico (Persija Jakarta)
17. Sandi Arta Samosir (Persija Jakarta)
18. Theo Fillo Da Costa Numberi (Persipura Jayapura)
19. Figo Sapta Fahrezi (PPLP DKI Jakarta)
20. Muhamad Darmawan (PPLP DKI Jakarta)
21. Kartika Vedhyanto Putra (PPLP Jateng)
22. Herberd Akhova Sokoy (PPLP Papua)
23. M. Rifaldo Lestaluhu (PS Tira Persikabo)
24. Alfeandra Dewangga Santosa (PSIS Semarang)
25. Pratama Arhan Alif Rifai (PSIS Semarang)
26. Muhammad Adisatryo (PSMS Medan)
27. Saddam Emiruddin Gaffar (PSS Sleman)
28. Irfan (AS. Abadi)