Kursi Pelatih Timnas Indonesia Selalu Panas, Shin Tae-Yong Akan Jawab Lewat Prestasi

Kursi pelatih timnas Indonesia selalu panas. Sudah berulang kali skuad Merah Putih, mengganti juru formasi, dari dalam atau luar negeri untuk mempersembahkan gelar.

Namun sampai sekarang belum ada yang mampu memberikan prestasi untuk timnas senior Indonesia. Paling mentok tim Garuda, menjadi runner-up pada beberapa edisi Piala AFF.

Pencapaian tersebut berbanding terbalik dengan timnas kelompok umur. Buktinya timnas Indonesia U-16, U-19, hingga U-22 telah membawa pulang trofi Piala AFF ke tanah air.

Kini harapan agar timnas Indonesia dapat meraih prestasi ada di pundak Shin Tae-yong. Sosok asal Korea Selatan tersebut dipercaya menjadi suksesor Simon McMenemy, yang dipecat PSSI.

Tak tanggung-tanggung PSSI mengontrak Tae-yong selama empat tahun. Ia tidak hanya bertugas sebagai pelatih timnas senior saja, melainkan juga turut menjadi supervisi dari timnas kelompok umur.

Tentu tugas Tae-yong tidak bakal mudah. Suporter tanah air yang terkenal sangat fanatik dalam memberikan dukungan bisa menjadi momok untuk pria berusia 50 tahun tersebut.

Paling nyata terlihat ketika McMenemy, menukangi timnas Indonesia. Suporter menyerukan agar eks nahkoda Bhayangkara FC tersebut diganti, karena dinilai telah gagal.

“Pastinya sebagai pelatih fokusnya ke pemain bukan ke suporter. Tapi apabila timnas U-16, U-19, U-23 sampai senior bila meraih prestasi pasti suporter akan senang terhadap itu,” kata Tae-yong ketika wawancara dengan Goal Indonesia.

Bukan di situ saja, Tae-yong harus membuktikan memang layak memegang jabatan pelatih timnas Indonesia. Hal tersebut karena publik akan membandingkannya dengan Luis Milla.

Jika bicara prestasi Milla memang gagal total, karena target yang diberikan PSSI mulai dari SEA Games 2017, dan Asian Games 2018, seluruhnya meleset. Akan tetapi, publik merasa permainan timnas Indonesia berubah total semenjak dipegang Milla.

“Saya pikir harus menunjukkan perkembangannya, jadi akan memulai dari bawah kemudian perlahan naik ke atas,” ucapnya.

Tae-yong sudah memulai pekerjaannya di negara ini. Ia turun langsung dalam seleksi pemain timnas Indonesia U-19 yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pekan lalu.

Sebanyak 53 pemain ambil bagian dalam seleksi tersebut yang telah dipilih menjadi 28 nama untuk dibawa ke pemusatan latihan di Thailand. Agenda tersebut berlangsung pada 21 Januari sampai 2 Februari 2020.