Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Shin Nilai Pelatih Korea Disukai karena Rajin dan Disiplin

Demam pelatih asal Korea Selatan sedang melanda Asia Tenggara. Indonesia pun berharap kesuksesan serupa saat menunjuk Shin Tae-yong.

Shin resmi diangkat sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir tahun lalu menggantikan Simon Mcmenemy yang dipecat karena serangkaian hasil buruk. PSSI berharap banyak pada sentuhan emas Shin.

Bukan tanpa alasan mengingat Shin punya reputasi mentereng dalam CV kepelatihannya. Selain membawa Seongnam Ilhwa Chunwa juara Liga Champions Asia dan Piala FA Korea, Shin juga berperan meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia 2018.

Apalagi PSSI juga berkaca dari negara-negara tetangga di kawasan ASEAN yang terbilang sukses dengan pelatih Korea Selatan. Kim Shin-hwan pernah melatih Timnas Timor Leste U-23, meski gagal lolos ke Piala Asia U-23 tapi permainan anak asuhnya dianggap oke.

Lalu, ada juga pelatih wanita bersama Lee Min-young yang sempat melatih Timnas Timor Leste U-19 di Kualifikasi Piala Asia 2020 dan juga timnas wanita Timor Leste. Yang paling harum namanya tentu adalah Park Hang-seo.

Park sudah jadi dewa di Vietnam karena mampu menyulap tim itu sebagai skuat yang tangguh, tak cuma di ASEAN tapi juga Asia. Runner-up Piala Asia U-23 2018 dan posisi keempat Asian Games 2018 jadi bukti nyata tangan emas Park.

Bahkan timnas senior Vietnam juga dibawanya meraih Piala AFF 2018, lalu terakhr timnas U-22 juga dibawa meraih medali emas SEA Games 2019. Wajar jika dia dinobatkan sebagai pelatih terbaik AFF 2019.

Ini membuktikan bahwa kualitas pelatih Korsel memang tengah meningkat tajam. Bahkan jika diperluas ke Asia Timur, ada juga pelatih-pelatih Jepang yang tengah dikontrak tim-tim ASEAN lain seperti Thailand dengan Akira Nishino dan Norio Tsukitate di Timnas Timor Leste.

Bagi Shin, demam pelatih Korea di Asia Tenggara itu buah dari kerja keras kompatriotnya untuk menaikkan level. Bukan karena program dari Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) tapi murni para pelatih lokal sana ingin lebih bagus.

“Bukan dikirim dari Korea Selatan (rencana Federasi Sepakbola Korea). Sebenarnya dari saya secara pribadi untuk mewujudkan mimpi meraih sukses di sini, maka dari itu datang ke Indonesia,” ujar Shin dalam wawancara dengan detikSport di Gran Zuri Hotel, Cikarang, Jumat (17/1/2020) malam WIB kemarin.

“Kenapa banyak negara-negara memilih pelatih Korea Selatan? Karena orang Korea itu sangat rajin dan disiplin juga. Itulah kuncinya.”