Pelatih Persijap Oasis Waters Incar Pemain Menyerang dan Bertahan

Persijap Oasis Waters terus berburu pemain. Ada yang berasal dari Liga 1 maupun Liga 2. Bukan label bintang saja yang diincar pelatih Persijap Oasis Waters Sahala Saragih. Melainkan, pemain yang komplet dalam hal bertahan dan menyerang. Itu berlaku untuk semua posisi.

Sebelumnya, Persijap Oasis Waters sudah mendapatkan enam pemain dan mempertahankan sembilan pemain musim lalu. Rencananya, klub kebanggan masyarakat Jepara itu bakal menambah delapan pemain lagi. Empat di antaranya bakal menjalani tes kesehatan pada hari ini. Sementara empat sisanya masih dicari.

Pemain komplet yang dimaksud oleh Sahala Saragih itu merupakan pemain yang dapat bermain di dua skema. Yakni menyerang dan bertahan. Intinya, pemain bertahan tak hanya bertugas bermain bertahan, melainkan harus mampu membantu penyerangan. Begitu juga sebaliknya bagi pemain bertipikal menyerang harus mampu bermain bertahan.

Aspek itu dipilih karena Sahala merasa seorang pemain harus mampu memainkan dua peran. ”Saya ingin ketika tim sedang menyerang, pemain harus menyerang bersama-sama. Begitu juga saat diserang lawan, kami harus bertahan bersama-sama,” jelas Sahala.

Dia berkaca dari torehan Liga 3 Nasional 2019 musim lalu. Dari babak 32 besar hingga partai final, Persijap melakoni delapan pertandingan. Persijap saat itu mampu memenangi laga sebanyak tujuh kali dan kalah satu kali. Laskar Kalinyamat berhasil membobol gawang lawan sebanyak 19 kali dan kebobolan 3 gol.

Berkaca dari situ, Sahala ingin skuadnya kembali diisi dengan pemain yang komplet. Sebab, untuk mengarungi Liga 2 dan menembus Liga 1, Sahala berpendapat membutuhkan pemain yang konsisten dan mampu memainkan pola menyerang dan bertahan.

Dia menambahkan, kalau ingin meraih kemenangan di setiap laga, harus cepat berada di pertahanan lawan. Sebaliknya, ketika di serang, harus cepat melakukan pola bertahan. Saat ini, dia merasa skuadnya musim lalu sudah bisa menerapkan pola itu. Kini dia optimistis pemain yang baru juga bakal dapat beradaptasi dengan skemanya itu.

Selain itu, pelatih berlisensi B AFC itu berharap di Liga 2 mendatang, pemainnya dapat tetap bugar dan konsisten. Itu mengingat Liga 2 mengharuskan tiap-tiap klub menempuh jarak yang tidak dekat. Rencananya, Sahala bakal menggunakan 25 sampai 26 pemain di skuadnya untuk mengarungi Liga 2 2020. Pemain baru berjumlah 12 orang. Dengan tiga kiper plus satu penjaga gawang lokal yang magang di Persijap. Total ada empat penjaga gawang. Sedangkan jumlah pemain lokal di tim bakal diisi delapan sampai 10 pemain.

Usai kongres PSSI yang rencananya bakal digelar Minggu (26/1), skuad Persijap bakal kumpul. Itu sekitar Selasa (28/1) mendatang. Untuk pre-season dimulai pada awal Februari mendatang. Pelatih yang mengantar Persijap menembus Liga 2 itu berharap dapat meraih juara Liga 2 dan menembus Liga 1 musim berikutnya. (vga)