Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Sergio Farias Sudah Tahu Liga Indonesia Kerap ‘Bermasalah’

Persija Jakarta menunjuk pelatih asal Brasil, Sergio Farias, sebagai arsitek tim untuk kompetisi musim 2020. Indonesia akan menjadi hal baru untuk pelatih yang pernah membawa Pohang Steelers juara Liga Champions Asia tersebut.

Dibebani target untuk bisa mempersembahkan gelar juara, tentu Sergio harus memahami bagaimana kompetisi Indonesia. Padahal, kompetisi di Indonesia kerap ‘bermasalah’, yang mungkin di luar dugaan dari pelatih berusia 52 tahun itu.

Jadwal kompetisi yang tidak konsisten, agenda timnas Indonesia yang kerap mengganggu klub, hingga hal lain seperti kerusuhan suporter atau di pemain kerap menjadi bumbu masalah kompetisi Tanah Air. Sergio mengaku dirinya sudah paham.

“Sebelum saya datang ke negara baru, pasti saya mencari tahu informasi soal kultur, sepakbola dan kesehariannya, sehingga saya bisa mengatasi hal seperti itu seiring waktu,” ungkap Sergio kepada awak media, Jumat (17/1).

Mantan pelatih Brasil U-17 dan U-20 itu juga tidak ragu mencari informasi dari rekan pelatih yang juga berasal dari Brasil. Uniknya, Sergio bertanya kepada Stefano Cugurra ‘Teco’ dan Edson Tavares, kedua mantan pelatih tim ibu kota.

“Tentu juga saya cari tahu soal pemain, dan juga tim lawan. Sebelum saya datang saya dapat informasi soal liga, dan saya bertanya kepada beberapa pelatih di sini yang berasal dari Brasil, seperti Tavares, dan Teco, mereka memberi saya informasi penting.”

“Penting juga untuk saya beradaptasi dengan filosofi kerja, dan karakter dari lingkungan yang baru ini supaya nanti hasilnya bagus.”