Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Jika Manahan Disterilkan untuk PD U-20, ke Mana Persis Ber-home Base?

Persebaya Surabaya sepertinya ikut melirik markas Persis Solo, yakni Stadion Manahan. Kabar ini didapat dirigen Pasoepati Maryadi Gondrong saat betemu dengan para Bonek saat Persis bertandang melawan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), 11 Januari lalu.

Seperti yang diketahui, Persebaya terancam jadi musafir musim ini. Itu setelah Stadion GBT dan Gelora 10 November tak bisa digunakan untuk menggelar laga resmi Persebaya di Liga 1.

”Saya banyak dapat curhatan Bonek seperti itu. Kemungkinan Stadion di Surabaya akan steril untuk jadi tuan rumah Piala Dunia (PD) U-20. Selain Batakan Balikapapan yang masuk nominasi home base barunya, ternyata Stadion Manahan juga ikut dilirik. Tapi belum tahu kepastiannya seperti apa nanti,” terang Gondrong.

Dedengkot suporter Pasoepati ini malah ikut-ikutan bimbang lantaran Persis pun belum mendapat kejelasan terkait home base-nya musim ini. Dua musim sudah Persis jadi musafir di Stadion Wilis Madiun karena Manahan direvitalisasi. Bahkan setelah Stadion Manahan telah selesai direvitalisasi, kepastian Persis untuk bisa main di stadion kebanggaan wong Solo itu pun masih jadi teka-teki.

”Kami takutnya juga seperti yang dirasakan Bonek. Ketika Manahan resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, bisa jadi Persis dilarang menggelar pertandingan di sini (Manahan), dengan alasan steril karena mau digunakan untuk event internasional. Kalau sudah gini, tentu semua pihak pasti ikut kecewa,” ujarnya.

Gondrong juga berharap secepatnya manajemen Persis bisa berkoordinasi dengan stakeholder di Solo. ”Secepatnya bertemu dengan Pak Rudy (Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo) untuk membicarakan terkait penggunaan Stadion Manahan. Saya dan teman-teman suporter lainnya sudah tahu apa saja problemnya. Kami harap, secepatnya ada titik terang,” lanjut Gondrong.

Sebelumnya sempat tersiar kabar jika Stadion Manahan akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Bahkan, berbagai persiapan untuk menyambut presiden pun pernah dilakukan. Namun, hingga kini semua itu belum juga terealisasi.

Ada lagi informasi jika PSSI akan ikut terlibat dalam launching Stadion Manahan dengan menggelar uji coba Timnas. Tapi kabar itu belum ada kejelasan. Informasi terbaru, kabarnya Stadion Manahan dilirik jadi salah satu venue Piala Presiden 2020.

Tim kepelatihan Persis Solo sendiri pilih tutup mulut terkait masalah kepastian home base musim ini. ”Kita (tim kepelatihan) fokus di teknis pelatihan pemain saja. Itu yang bisa jawab tentu manajemen,” terang Asisten Pelatih Persis Solo Kahudi Wahyu.

Sementara itu, perwakilan manajemen Riyadi Syarifudin mengakui belum ada pembahasan lebih detail dari manajemen pusat di Jakarta terkait home base. Pihaknya masih terpaku pada markas Persis di musim ini, yaitu di Stadion Manahan.

”Kita berharap tentu musim ini inginnya main di Stadion Manahan. Kita juga inginnya bisa uji coba di stadion ini sebelum kompetisi,” ujar pria yang akrab disapa Bona tersebut. (nik/ria)