Siapa Petteri Pennanen, Jebolan Liga Europa yang Resmi ke Tira Persikabo?

Mari melihat profil singkat dari Petteri Pennanen yang diketahui merupakan jebolan Kualifikasi Liga Europa usai resmi ke Tira Persikabo?

Tira Persikabo mulai aktif dalam merekrut pemain baru baik lokal maupun asing dalam menyambut gelaran Liga 1 2020 mendatang.

Untuk urusan legiun asing, Tira Persikabo baru memiliki winger asal Brasil Ciro Alves yang resmi memperpanjang kontraknya.

Kini ada Petteri Pennanen, gelandang serang asal Finlandia yang siap memulai petualangan baru di Indonesia dalam kariernya.

Kabar kedatangan Petteri Pennanen diutarakan langsung lewat akun media sosial Instagram resmi klub. Unggahan tersebut menampilkan video singkat.

“Wilujeng enjing lur! Sudah datang, cik saha?,” tulis akun @officialpersikabo, Selasa (14/01/20).

Video tersebut memperlihatkan akan kedatangan Pennanen ditemani dengan seseorang yang menjemputnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lalu Pennanen menaiki sebuah mobil menyusuri jalanan menuju hotel di daerah kawasan Bogor, Jawa Barat. Video berakhir ketika Pennanen masuk ke dalam kamar.

Meski begitu tak ada salahnya untuk mengetahui profil singkat Petteri Pennanen yang didatangkan Tira Persikabo untuk menjalani ajang Liga 1 2020.

Kawasan Eropa

Petteri Pennanen merupakan pemain dengan tinggi 181 cm dan berusia 29 tahun yang lahir di Finlandia. Selain sebagai gelandang serang, Pennanen pernah menjadi winger kiri dan gelandang tengah.

Dirinya memulai karier di klub asal Finlandia Kuopion Palloseura U-19. Lalu Pennanen dipercaya masuk ke tim senior pada 1 Januari 2008 dan membuat 30 penampilan.

Semusim berselang, Pennanen dipinjamkan ke klub asal Belanda FC Twente U-21 yang berakhir 30 Juni 2009. Tetapi pada 1 Juli 2009, Pennanen tampaknya dipermanenkan FC Twente U-21.

Baru ketika 1 Januari 2011, Pennanen direkrut oleh klub Finlandia lainnnya, yakni Turun Palloseura. Pennanen bermain selama tiga musim dengan membuat 12 gol dari 91 laga di semua ajang.

Pada 10 Januari 2014, Pennanen pindah ke Rovaniemen Palloseura (Finlandia) dengan hanya membuat dua gol dari tujuh laga. Lalu kembali pindah pada 1 Januari 2015.

Legiun anyar Tira Persikabo ini kembali ke Kuopion Palloseura dengan membukukan delapan gol dari 41 pertandingan di semua ajang dalam waktu dua musim.

Pennanen sempat merantau ke Polandia untuk bermain di Miedz Legnica pada 2017. Namun Pennanen hanya membuat 14 penampilan saja dalam semusim.

Baru pada 10 Juli 2017, Pennanen kembali dipulangkan oleh Kuopion Palloseura dengan membuat 16 penampilan dan satu gol dalam waktu dua setengah musim.

Bersama Kuopion Palloseura juga Pennanen sempat bermain di Kualifikasi Liga Europa 2019 lalu dengan melawan Vitebsk (Belarusia) dan Legia Warszawa (Polandia).

Kini Pennanen tengah menatap karier baru dengan merumput di Indonesia, di mana kultur sepak bola Asia Tenggara sangat baru bagi sang pemain.

Timnas Finlandia

Selain itu Petteri Pennanen juga merupakan pemain Timnas Finlandia. Akan tetapi dirinya belum mencicipi tim senior, hanya kelompok umur saja.

Mulai dari Finlandia U-17, dimana Pennanen membuat 14 penampilan tanpa satupun gol di semua ajang. Kemudian naik ke Finlandia U-18.

Bersama Finlandia U-18, Pennanen hanya membuat 12 penampilan saja. Ketika tampil di Finlandia U-19, pemain 29 tahun itu membukukan lima laga saja.

Terakhir, Pennanen hanya membuat 10 penampilan saja bersama Finlandia U-21, baik itu laga uji coba ataupun ajang Kualifikasi Liga Eropa U-21 2012 silam.

Bahkan Pennanen diketahui pernah satu tim dengan striker Norwich City Teemu Pukki saat keduanya membela Finlandia U-19 2009 lalu.