Wasit Terbaik Indonesian Soccer Awards 2019 Dukung Penggunaan VAR di Kompetisi Indonesia

Wasit Terbaik 2019 versi Indonesian Soccer Awards 2019, Yudi Nurcahya, mendukung penuh wacana penggunaan Video assistant referee (VAR) di kompetisi sepak bola Indonesia. Menurut Yudi, penggunaan teknologi tersebut sangat membantu kinerja pengadil lapangan dalam menentukan keputusan.

PSSI saat ini sedang menggalakkan penggunaan teknologi dalam sepak bola Indonesia. Contohnya, penggunaan VAR yang direncananya sudah tersedia pada Liga 1 2021 dan Piala Dunia U-20 2021.

“Kami sebagai wasit sangat mendukung rencana penggunaan VAR di Indonesia. Dengan adanya VAR tentunya bakal mempermudah kinerja wasit. Kami mengharapkan teknologi tersebut ada,” kata Yudi Nurcahya saat malam penghargaan Indonesian Soccer Awards, Jumat (10/1/2020).

Namun, Yudi menilai penggunaan VAR membutuhkan proses panjang. Wasit juga harus mendapatkan pelatihan untuk bisa mengetahui secara rinci penggunaan teknologi tersebut.

“Meski, VAR adalah proses panjang karena wasit juga harus ikut pelatihan. Melihat VAR tidak seperti CCTV karena prosedurnya sangat panjang,” ujar wasit asal Jawa Barat itu.

Yudi Nurcahya merupakan wasit Indonesia yang memiliki lisensi FIFA. Yudi Nurcahya mendapatkan linsensi tersebut pada 2018 dan saat ini bertugas di kompetisi elite Indonesia, Liga 1.

Liga 1 2020 kabarnya akan melakukan terobosan dari segi perwasitan. Terobosan tersebut adalah penggunaan alat komunikasi yang dapat membantu kinerja wasit.

“Untuk saat ini kabarnya yang baru akan terealisasi adalah penggunaan alat komunikasi oleh wasit,” ucap Yudi.