Shin Tae-yong Datang, Gelandang Arema Intip Peluang Kembali ke Timnas Indonesia

Gelandang Arema, Hanif Sjahbandi, mengintip peluang untuk kembali ke Timnas Indonesia seiring kedatangan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih. Ketika masih ditangani Simon McMenemy, pemain berusia 22 tahun tersebut sempat beberapa kali mendapat pemanggilan.

Hanif menjadi bagian dari Timnas Indonesia ketika menghadapi Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam pada Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pada pertandingan terakhir kontra Malaysia pada leg kedua (19/11/2019), Simon tidak lagi memanggil Hanif.

Kekalahan 0-2 dari Malaysia membuat posisi Simon tergerus. Melalui tahapan panjang, PSSI akhirnya memutuskan Shin Tae-yong sebagai penggantinya.

Kendati demikian, Hanif tidak terlalu memikirkan peluangnya dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Apalagi, kompetisi belum dimulai dan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 berikutnya baru berlangsung pada akhir Maret 2020.

“Sebetulnya saya tidak memikirkan itu karena kompetisi pun belum dimulai. Apa pun itu, saya akan bekerja keras semaksimal mungkin, baik di klub maupun Timnas Indonesia. Saya pasti akan bekerja keras untuk mendapatkan kesempatan itu,” ujar Hanif saat acara Indonesian Soccer Awards 2019 di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat, Jumat malam (10/1/2020).

Keyakinan untuk Shin Tae-yong

Hanif juga punya penilaian terhadap Shin Tae-yong. Pemain kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini berharap pelatih asal Korea Selatan itu dapat membawa perubahan untuk Timnas Indonesia.

“Semoga dengan kehadirannya bisa memberikan warna lebih, bisa membawa Timnas Indonesia berprestasi dan lebih baik lagi,” tutur Hanif.

“Selain itu, saya belum tahu banyak karena belum pernah bertemu dengan dia. Harapan saya, semoga lebih baik lagi,” imbuh mantan pemain Persiba Balikpapan ini.