Kembali ke PSM, Begini Kesan dan Pesan Zulkifili Syukur untuk Pemain Baru

Bek sayap senior, Zulkifli Syukur, kembali memperkuat PSM Makassar untuk Liga 1 2020. Sebelumnya, dia dipinjamkan ke klub Liga 2, Sriwijaya FC, pada jendela transfer paruh musim lalu.

Kembali memperkuat klub kota kelahirannya, pemain berusia 35 tahun ini mengutarakan isi hatinya. Sekaligus ia juga mengirimkan pesan untuk 10 pemain baru yang direkrut PSM pada jendela transfer 2020.

“Terima kasih kepada Bapak Appi (Munafri Arifuddin) selaku CEO PSM Makassar. Juga kepada pelatih yang sudah percaya kepada saya untuk bergabung kembali musim ini,” ungkap Zulkifli Syukur, Sabtu (11/1/20).

“Sungguh sebuah apresiasi besar terhadap saya. Semoga musim ini kami bisa mewujudkan semua apa yang dicita-citakan,” cetus bek sayap yang identik dengan nomor punggung tiga tersebut.

Ada pun pesan Zul, sapaan akrabnya, kepada 10 rekrutan baru PSM yaitu cepat beradaptasi. Hal tersebut tentu saja agar bisa mewujudkan seluruh target di tiga kompetisi yang mereka ikuti sepanjang 2020, antara lain Piala Indonesia, Liga 1, dan Piala AFC.

“Saya berharap semua teman-teman yang baru bergabung bisa saling membantu dengan pemain lama. Sehingga, kami bisa mencapai prestasi itu,” pungkas eks timnas Indonesia ini.

Kehadiran Zulkifli Syukur dalam skuat PSM Makassar tidak hanya akan menambah pilihan pelatih Bojan Hodak di sektor pertahanan. Dia juga diharapkan mampu menjadi sosok pemimpin, baik di dalam maupun luar lapangan.

Peran yang diemban Zulkifli ini sangatlah krusial. Sebab, sebagaimana diketahui pada musim lalu, ruang ganti PSM mengalami keretakan akibat kurang harmonisnya hubungan sejumlah pemain dengan pelatih Darije Kalezic.