Hamka Hamzah Optimistis dengan Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong

Mantan kapten Timnas Indonesia, Hamka Hamzah, memberikan dukungan penuh kepada Shin Tae-yong, yang akan mulai bekerja sebagai pelatih Tim Garuda. Menurut Hamka, publik harus memberikan waktu kepada pelatih asal Korea Selatan itu untuk bekerja, sebelum memberikan kritikan.

PSSI resmi mengontrak Shin Tae-yong pada 28 Desember 2019. Pelatih berusia 49 tahun itu mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun untuk menukangi Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong juga mendapatkan tugas lain di Timnas Indonesia. Tidak hanya sebagai juru taktik tim senior, Shin Tae-yong juga ditunjuk sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia yang akan membawahi tim kelompok umur.

“Saya selalu optimisitis. Mulai kepengurusan PSSI dan siapapun pelatih Timnas Indonesia. Mereka belum bekerja sehingga kita belum bisa menilai,” kata Hamka Hamzah di sela acara malam penganugerahan Indonesian Soccer Awards 2019, Jumat (10/1/2020).

Banyaknya tugas yang dibebani kepada Shin Tae-yong sempat membuat publik pesimistis. Hamka Hamzah menegaskan agar publik tidak langsung memberikan kritik, namun memberikan waktu kepada Shin Tae-yong untuk membuktikan kualitas.

“Biarkan dulu mereka bekerja. Jadi marilah nanti kita lihat dalam perjalanan itu kalau hasilnya bagus, ya harus diapresiasi. Namun, kalau sebelum jalan kita memberikan kritik, ya itu juga salah,” ujar pemain Timnas Indonesia durasi 2004-2014 itu.

Timnas Indonesia menjadi timnas kedua yang ditukangi Shi Tae-yong. Sebelumnya, Shin Tae-yong pernah memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Panggung Perdana

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia menjadi panggung perdana buat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Meski saat ini Timnas Garuda sudah tak punya peluang, Shin Tae-yong diharapkan bisa sedikit menyelamatkan muka Indonesia untuk tidak jadi juru kunci di Grup G.

Timnas Indonesia memiliki tiga jadwal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 sepanjang 2020. Tugas perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah ketika menjajal kekuatan Thailand pada 26 Maret mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.