Latih Indonesia, Shin Tae Yong Minta Jadwal Salat 5 Waktu

Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, meminta dibuatkan jadwal salat lima waktu untuk pemain muslim yang dipanggil menjalani pemusatan latihan.

Hal itu diungkapkan Jeje yang saat ini didapuk PSSI sebagai penerjemah Shin Tae Yong selama menjadi pelatih Timnas Indonesia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (2/1).

“Ada satu permintaan khusus dari Shin Tae Yong. Dia minta dibuatkan jadwal salat lima waktu, kapan dan jam berapa,” kata Jeje.

Sebelum datang ke Indonesia, Shin Tae Yong mengaku sudah mengenal kultur di Indonesia.

“Indonesia memiliki kultur Islam dan di sana juga ada periode Ramadan saat kompetisi berlangsung.”

“Saya akan beradaptasi dengan semua itu. Saya menghormati agama apapun,” ujar Shin Tae Yong beberapa waktu lalu.

Saat pertama tiba di Indonesia, lanjut Jeje, hal pertama yang ditanyakan pelatih asal Korea Selatan itu adalah animo masyarakat Indonesia pada Timnas Indonesia.

“Hal pertama yang ditanyakan ke saya bagaimana perhatian rakyat Indonesia kepada Timnas Indonesia. Saya jawab, perhatian masyarakat ke timnas sangat besar dan memang itu yang saya rasakan ketika saya SMA di Jakarta,” ucap Jeje yang merupakan penerjemah yang disediakan langsung Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia buat PSSI.

Setelah datang ke Jakarta untuk menandatangani kontrak kerja sama selama empat tahun untuk melatih Timnas Indonesia bersama PSSI pada Sabtu (28/12) lalu, Shin Tae Yong langsung kembali ke Korea Selatan. Ia baru akan mulai aktif bekerja di Timnas Indonesia per Senin (6/1).

Tugas pertama Shin Tae Yong yakni memilih 60 nama pemain untuk dipanggil mengikuti seleksi dan pemusatan latihan Timnas Indonesia yang dimulai pada 13 Januari mendatang.

Pemain yang bakal dipanggil merupakan pemain-pemain level senior dan pemain U-23 yang bakal dipersiapkan untuk tampil membela Merah Putih di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF di akhir 2020.

Timnas Indonesia bakal melakoni laga tandang menghadapi Thailand pada 26 Maret mendatang. Kemudian disusul laga kandang melawan Uni Emirates Arab (UEA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, pada 31 Maret dan laga tandang ke markas Vietnam di laga terakhir pada 4 Juni 2020.

Selain itu, Shin Tae Yong juga bakal memanggil pemain di Timnas Indonesia U-19 yang sebelumnya dilatih Fakhri Husaini dan pemain di Garuda Select untuk dipersiapkan jelang Piala Asia U-20 akhir 2020 mendatang. (CNN Indonesia)