Bali United dan Persebaya Jadi Wakil Indonesia di ASEAN Club Championship 2020

Turnamen antar tim di negara Asia Tenggara atau ASEAN Club Championship 2020 akan digelar mulai bulan Mei tahun depan.

PSSI sendiri sudah memastikan dua tim yang akan mewakili Indonesia pada ajang itu, mereka adalah Bali United dan Persebaya Surabaya.

Bali United adalah juara Liga 1 musim 2019, sementara Persebaya menempati posisi runner-up.

“Sekarang kami masih finalisasi jumlah peserta yang nantinya akan diisi oleh 12 klub,” kata Ratu Tisha Destria yang berbicara sebagai Wakil Presiden AFF.

“Untuk Indonesia mendapatkan dua slot, yakni juara Liga 1 2019 yaitu Bali United dan Persebaya selaku runner-up,” tutur Tisha.

Ratu Tisha juga memastikan bahwa jadwal Bali United di ajang ASEAN Club Championship 2020 tak akan bentrok ketika mereka juga tampil di ajang lain seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC.

“Jadwal tidak bentrok karena kami sudah memikirkan detail selanjutnya. Yang pasti setiap tim hanya bermain delapan kali selama satu tahun hingga final,” papar Ratu Tisha.

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki dua wakil di putaran final, melainkan juga ada Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Sementara Singapura dan Myanmar memiliki masing-masing satu slot. Sisanya jatah dua slot akan diperebutkan oleh Filipina, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Kamboja di babak play-off.

Format sementara yang dirilis oleh FA Thailand adalah mirip dengan gelaran Piala AFF. Sebanyak 12 tim akan dibagi menjadi dua grup. Setiap tim akan bermain lima kali dengan jumlah partai kandang atau tandang akan ditentukan melalui undian. Dua klub terbaik di setiap grup berhak lolos ke babak semifinal.

Juara dari masing-masing grup otomatis akan menjadi tuan rumah pada babak semifinal yang menganut format satu leg dengan partai final memberlakukan sistem kandang dan tandang.

Para kontestan hanya boleh memainkan tiga pemain asing non-Asia dan satu pemain asing Asia. Khusus untuk pemain asing ASEAN, kuotanya tidak terbatas.

Para peserta maksimal mendaftarkan maksimal 30 pemain dan minimal 25 pemain untuk ajang ASEAN Club Championship.

Nantinya biaya akomodasi setiap tim akan ditanggung oleh sponsor. Mereka akan memperebutkan hadiah sebesar USD500 ribu (setara Rp6,9 miliar).