Persib Bandung Juara Liga 1 Putri 2019

Persib Bandung berhasil keluar sebagai juara Liga 1 Putri 2019. Pada laga final leg II di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12/2019), mereka berhasil menundukkan tuan rumah Tira-Persikabo Kartini dengan skor 3-1.

Kemenangan tersebut membuat Persib jadi juara karena laga final Liga 1 Putri ini menggunakan sistem poin. Artinya, kemenangan 3-0 yang diraih Persib di leg I itu berharga 3 poin.

Seandainya Tira-Persikabo menang, kedua tim akan sama-sama mengantongi 3 poin dan hasil laga akan ditentukan lewat adu penalti. Akan tetapi, karena Persib menang, mereka berhak mengantongi gelar juara dengan raihan 6 poin.

Sistem ‘aneh’ itulah yang membuat Persib langsung tancap gas. Pada menit ke-14, mereka sudah berhasil mencetak gol melalui Latipah Nurul Inayah yang memanfaatkan kesalahan seorang bek lawan.
Persib pun tampak tidak puas dengan gol tersebut. Mereka menggempur, menggempur, dan menggempur sampai mendapat kans emas lewat tembakan Pani Tri Oktavianti yang membentur mistar gawang.

Semenit sesudah itu, tepatnya pada menit ke-33, Persib menggandakan keunggulan lewat sepakan penalti Febriana Kusumaningrum. Penalti sendiri diberikan wasit setelah Risqiyanti dilanggar di dalam kotak.
Tira-Persikabo nyatanya tak tinggal diam. Enam menit setelah gol Risqiyanti, mereka memperkecil ketertinggalan via tendangan bebas Risda Ika. Gol ini jadi penentu hasil babak pertama. Persib unggul 2-1.

Pada babak kedua, Persib mampu menjaga dominasinya dan itu terbayar melalui gol yang dilesakkan Reva Oktaviani pada menit ke-64. Tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti tak mampu dibendung kiper Tira-Persikabo.

Setelah gol itu tercipta, barulah pelatih Dzulkifli Bashari alias Ibas membuat perubahan. Dia mulai memasukkan pemain bertahan, Desy Amalia, untuk menggantikan Mila Nur Karmila.

Persib pun akhirnya sukses mempertahankan keunggulannya. Dengan demikian, mereka mencatatkan sebuah sejarah. Pada gelaran liga putri yang pertama sepanjang sejarah di Indonesia, Persib mampu menjadi juara.