Heri Susanto di Persija Jakarta: From Zero to Hero

Heri Susanto bukan pemain idaman The Jakmania ketika Persija Jakarta mendatangkannya dari PSM Makassar pada awal 2019. Musim lalu, ia hanya mencatatkan lima laga, dengan tiga di antaranya sebagai starter, bersama tim Juku Eja.

Mulanya, Persija Jakarta memproyeksikan Hersus, panggilannya, sebagai pilihan nomor sekian di posisi winger, mengingat terdapat Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan.

Ketika Persija kehilangan Marko Simic pada awal tahun dan Novri Setiawan ditarik sebagai bek sayap kanan, Hersus dipercaya untuk mengisi barisan depan. Ia bersedia ditempatkan di posisi mana pun, termasuk penyerang tengah.

Irama permainan Hersus mulai muncul. Pemain kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu sesekali berhasil membuat The Jakmania berdecak kagum dengan kemampuannya melewati pemain lawan. Aksi-aksinya perlahan menuai pujian suporter.

Hanya, Hersus kerap menjadi sasaran kritikan suporter. Ia terkadang dianggap terlalu sering kehilangan bola saat mencoba menggocek dan menusuk ke kotak penalti lawan.

Tidak terasa pada akhir kompetisi, Hersus sukses mencatatkan 25 penampilan bersama Persija Jakarta, dengan 15 di antaranya datang sebagai pemain utama. Catatan itu mengesankan bagi pemain yang diprediksi lebih banyak menghangatkan bangku cadangan.

Dari 25 laga, Hersus mengumpulkan tiga gol dan lima assist. Jumlah umpan yang menjadi gol Hersus adalah yang terbanyak di Persija Jakarta setelah Riko Simanjuntak dengan torehan tujuh assist.

Ganjaran Perpanjangan Kontrak

Buah performa di atas harapan, Hersus mendapat ganjaran perpanjangan kontrak dari Persija Jakarta. Eks pemain Persiba Balikpapan ini berjanji akan menyuguhkan permainan lebih garang pada Liga 1 2020.

“Pastinya saya sangat senang dan bangga setelah resmi memperpanjang kontrak. Saya senang manajemen dan tim pelatih masih percaya dengan saya untuk masih bisa membela Persija Jakarta,” ujar Hersus dinukil dari laman klub.

“Musim 2019 saya jadikan pelajaran untuk tampil lebih baik di 2020. Semoga dapat memberikan penampilan terbaik dan membawa Persija Jakarta berprestasi tahun depan,” jelas pemain bernomor punggung 94 ini.