Runner-up Liga 1 2019 Belum Tentu Tampil di Piala AFC 2020

Jatah wakil Indonesia di kompetisi Asia pada tahun depan masih belum berubah. AFC memberi slot maksimal tiga klub Indonesia, termasuk dua di antaranya untuk kompetisi Shopee Liga 1 2019, guna berkancah di Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC 2020.

Formulanya, pemenang dari kompetisi domestik alias Liga 1 2019, Bali United, berhak mendapat tiket LCA 2020. Namun, Bali United harus merangkak dari babak eliminasi. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini perlu melewati tiga tahap, yang meliputi babak eliminasi pertama, eliminasi kedua, dan play-off, sebelum lolos ke babak penyisihan.

Bila Bali United dapat melewati babak itu, Serdadu Tridatu akan menduduki Grup E bersama Beijing FC (China), Chiangrai United (Thailand), dan satu peserta lainnya dari babak eliminasi/play off.

Tiket kompetisi Asia kedua jatuh kepada PSM Makassar selaku kampiun Piala Indonesia 2018-19. Pasukan Ramang akan berkiprah di kejuaraan kasta kedua antarnegara Asia, Piala AFC 2020.

Jika Bali United memerlukan tiga jenjang untuk lolos ke fase grup LCA, maka PSM langsung lolos ke babak play-off dan hanya melalui satu tahapan untuk masuk ke babak penyisihan Piala AFC.

Di babak play-off Piala AFC, PSM akan menantang juara Liga Timor Leste, Lalenok United dengan sistem kandang dan tandang pada 22 dan 29 Januari 2019.

Apabila PSM melenggang dengan mulus di babak play-off, mereka akan tergabung di Grup H Piala AFC bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Filipina), dan Shan United (Myanmar).

Tiket Ketiga Hangus Jika Bali United Gagal di LCA

Jatah ketiga wakil Indonesia di Asia adalah di Piala AFC adalah untuk runner up Liga 1 2019. Tim peringkat kedua otomatis akan langsung lolos ke babak penyisihan, namun masih perlu menunggu perjalanan Bali United di LCA.

Apabila Bali United tersingkir di babak eliminasi/play off, maka Serdadu Tridatu turun kasta ke Piala AFC dan menempati Grup G.

Namun, jika Bali United berhasil melaju ke babak penyisihan LCA, dengan begitu runner up Liga 1 2019 akan mengisi pos Serdadu Tridatu di Grup G Piala AFC.

“Jatah runner up Liga 1 2019 masih menunggu Bali United. Kalau Bali United gagal masuk ke fase grup LCA, mereka akan bermain di fase grup Piala AFC. Dan runner up Liga 1 2019 tidak dapat slot,” jelas Manajer Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019, Asep Saputra kepada Bola.com, Kamis (19/12/2019).

Tim peringkat kedua Liga 1 2019 harap-harap cemas dengan peluang menembus Piala AFC. Merujuk pada pencapaian dua tahun belakangan, wakil Indonesia selalu rontok di babak eliminasi/play off LCA dan terpaksa terlempar ke Piala AFC.

Sebagai wakil Indonesia di LCA pada 2018 dan 2019, Bali United serta Persija Jakarta sama-sama tersingkir di babak eliminasi kedua.