Melejit di Daftar Pencetak Gol, Beto Goncalves Menolak Tua

Striker Madura United, Beto Goncalves, tampil luar biasa saat membawa timnya menang 3-2 di kandang PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Selasa (17/12/2019). Dia memborong dua gol di laga pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019 itu.

Kini, Beto berada di peringkat kedua daftar pencetak gol. Dia telah menyumbang 17 gol, menyamai torehan yang dibukukan oleh striker Persela Lamongan, Alex Goncalves. Dia menjadi pemain tersubur di timnya.

Padahal, pemain naturalisasi berdarah Brasil itu merupakan pemain tertua di skuat Madura United dengan berusia 38 tahun. Penampilannya memang sangat luar biasa dan berpengaruh terhadap Laskar Sape Kerap.

“Saya sudah bosan kalau dikaitkan dengan usia. Sudah tiga tahun lalu banyak yang tanya soal itu. Bagi saya, penting untuk pemain berusaha keras di lapangan membantu timnya, tidak perlu melihat usia,” kata Beto kepada Bola.com.

Kemenangan ini menjadi titik kebangkitan Madura United selepas kekalahan memalukan 0-4 dari Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Beto menilai hasil buruk itu memotivasi timnya untuk bangkit.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada teman-teman saya di Madura United karena dalam pertandingan melawan PSIS kerja cukup luar biasa, ini juga kemenangan sulit karena Semarang tim yang sangat kuat,” ungkapnya.

“Apalagi kami baru kalah 0-4 lawan Persija. Ssaya lihat wajah teman-teman sempat sedih dan kecewa. Kemenangan ini sangat penting untuk kami karena mampu meningkatkan kepercayaan diri,” kata Beto Goncalves.

Posisi Kedua

Peran Beto Goncalves yang membawa timnya menang ini membuat Madura United bersaing ketat memperebutkan posisi kedua di klasemen akhir nanti. Mereka kini menghuni peringkat keenam dengan 50 poin, sama dengan Bhayangkara FC dan Borneo FC di atasnya.

Lalu, dua tim lainnya, Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya juga masih bersaing memperebutkan posisi runner-up. Persipura di peringkat kedua (52 poin) dan Persebaya menghuni posisi ketiga (51 poin).

“Saya sangat senang bisa membantu Madura United menang. Kami sekarang fokus ke pertandingan terakhir. Kami harus berjuang keras supaya tim ini bisa berada di posisi tertinggi,” tutur pemain bernomor punggung 90 itu.

Madura United bakal melawat ke markas Bali United dalam laga pamungkas Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (22/12/2019). Posisi puncak sudah dipastikan menjadi milik Bali United yang keluar sebagai juara.