Preview Liga 1 2019: Semen Padang vs Borneo FC

Semen Padang menjadikan pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2019 melawan Borneo FC di Stadion H Agus Salim, Selasa (17/12) sore WIB, sebagai momen menjaga kehormatan tim, dan menghormati kompetisi.

Pertandingan ini sudah tidak menentukan bagi Semen Padang, karena telah dipastikan terdegradasi ke Liga 2. Hanya saja, pelatih Eduardo Almeida menegaskan, Semen Padang tetap ngotot ingin mendapatkan tiga poin.

“Setelah kami terdegradasi, saya sudah bilang kepada pemain, kami masih ada dua pertandingan sisa yang harus dimainkan dan dimenangi. Kami harus tetap mengeluarkan kemampuan terbaik, meski sudah terdegradasi. Kami ingin tiga poin,” tegas Almeida.

“Memang banyak orang bilang pertandingan ini tidak penting, tapi buat saya tetap sama. Kami harus mengedepankan fair play, menjaga liga tetap kompetitif, karena poin tim peringkat dua dan tiga sangat dekat.”

“Kami harus tetap profesional sampai pertandingan terakhir. Kami akan tetap dengan sikap yang sama di pertandingan nanti. Saya tidak suka dengan kekalahan. Kami harus menghormati tim dan suporter. Jadi kami harus punya mental meraih kemenangan di laga sisa.”

Namun Semen Padang tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik. Mereka dipastikan kehilangan dua pemain, Flavio Beck Junior dan Agung Prasetyo, menjalani sanksi kartu merah dari pertandingan sebelumnya.

Di lain kubu, Borneo FC tidak ingin kehilangan peluang menduduki peringkat dua di akhir musim. Kemenangan atas Semen Padang akan membuat mereka menempel Persipura Jayapura. Sebab, kepastian peringkat dua bisa ditentukan di laga pamungkas kala Borneo FC berhadapan dengan Persipura.

“Tentu saja ini pertandingan penting buat kami, karena kami ingin berada di peringkat dua, sehingga membutuhkan tiga poin. Kami harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil positif,” tegas pelatih Mario Gomez.

Kendati menghadapi tim yang sudah terdegradasi, Gomez tidak menganggap pertandingan ini akan mudah dilalui. Gomez meyakini Semen Padang akan berusaha menjaga harga diri di hadapan suporternya.

“Ini juga pertandingan penting buat Semen Padang, karena menjadi laga terakhir di kandang. Ini tetap menjadi laga yang tidak mudah bagi kami. Saya hanya meminta pemain fokus, tidak memikirkan hal lain. Percuma menyiapkan taktik, kalau fokus pemain bercabang,” tegas Gomez.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim:

Semen Padang: Rendi Oscario; Leo Guntara, Muhammad Rifqi, Syaiful Anwar, Boas Atururi, Yoo Hyun Koo, Fridolin Yoku, Rudi, Dedi Hartono, Vanderlei, Karl Marx Berthelemy.

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Juan Alsina, Javlon Gguseynov, Wildansyah, Diego Michiels, Muhammad Ikhsan, Makarius Suruan, Terens Puhiri, Renan Silva, Abrizal Umanailo, Matias Conti.