Preview Pertandingan Liga 1 2019: Persipura Jayapura vs Barito Putera

Persipura Jayapura tak akan membiarkan peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2019 diambil klub lain dengan menargetkan kemenangan atas Barito Putera di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (16/12) sore WIB, pada laga pekan ke-33.

Tim beustan Jacksen F Tiago ini mengumpulkan nilai yang sama dengan Borneo FC, unggul satu angka dari Persebaya Surabaya, serta berselisih dua poin dengan Bhayangkara FC dan Madura United.

Jacksen mengatakan, Liga 1 belum selesai bagi Persipura. Sebab, Mutiara Hitam ingin mengakhiri posisi lebih baik di akhir musim. Peringkat dua kini menjadi satu-satunya tempat yang perlu dijaga Boaz Solossa dan kawan-kawan.

“Kami tahu bukan sesuatu yang mudah untuk berada di dua besar, karena tantangannya sebagai tim musafir sangat berat. Harapan kami ingin menempatkan Persipura di posisi terhormat. Kami berharap terus berada di posisi yang terbaik,” ujar Jacksen.

Jacksen menambahkan, ia tidak ingin terlalu membebani pemain dengan menjalani latihan berat menjelang laga ini. Sebab, stamina mereka sudah terkuras ketika melawan Kalteng Putra di laga sebelumnya.

“Persiapan kami sangat singkat setelah dari Palangkaraya. Latihan lebih fokus kepada fun game, karena waktunya tidak cukup. Kami lebih sering menggelar class room buat pemain. Tapi Semoga kami mendapatkan berkah untuk meraih hasil maksimal.”

Sementara itu, pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman mengatakan, pemain akan tampil tanpa beban setelah mereka memastikan bertahan di Liga 1. Namun itu tidak membuat Barito Putera bakal tampil seadanya.

“Beberapa pertandingan sebelumnya sangat menegangkan, karena kami berusaha mengamankan posisi di klasemen. Sekarang beban itu sudah hilang, pemain lebih rileks,” ujar Djanur, sapaan Djadjang.

“Tapi bukan berarti kami akan bermain seadanya, kami tetap mengincar kemenangan. Lawan yang akan kami hadapi tim peringkat atas, tentu tidak mudah. Mereka juga punya pemain yang bagus, seperti Gunansar Mandowen dan Todd [Rivaldo] Ferre. Kedua pemain itu tetap bagus, walau dimainkan dari bangku cadangan.”

Barito Putera dipastikan kehilangan pemain pilar. Evan Dimas dan Rizky Pora menjalani pemulihan cedera. Sedangkan Donny Monim dan Francisco Torres terkena akumulasi kartu.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim:

Persipura: Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun, Muhammad Tahir, Ian Kabes, Oh Inkyun, Imanuel Wanggai, Gunansar Mandowen, Titus Bonai.

Barito Putera: Aditya Harlan; Dandi Maulana Abdulhak, Cassio De Jesus, Roni Beroperay, Gavin Kwan Adsit, Sackie Teah Dou, Bayu Pradana, Kosuke Uchida, Yakob Sayuri, Rafael Silva, Samsul Arif.