Liga 1 2020, Jarak Aceh-Papua bahkan Lebih Jauh dari Inggris-Azerbaijan

Ajang Liga 1 2020 mendatang akan menjadi momen saling bersuanya Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura untuk pertama kalinya dalam sebuah kompetisi resmi era profesional di Indonesia.

Saat masa-masa awal Liga Indonesia, kompetisi masih menggunakan format per wilayah, belum kompetisi penuh seperti saat ini.

Ketika itu, Persiraja masih berada di Grup Barat, sedangkan Persipura di Grup Timur.

Dengan diterapkannya sistem kompetisi penuh, Persiraja harus menjalani laga away terjauh ke markas Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, demikian juga sebaliknya.

Banda Aceh dan Jayapura tercatat terpisah dalam jarak garis lurus mencapai sekitar 5.121 kilometer.

Jarak tersebut bahkan lebih jauh dibanding jarak yang harus ditempuh klub-klub London apabila harus away Liga Champions ke Moskwa.

Ibu kota Inggris dan Ibu kota Rusia itu tercatat “hanya” terpisah jarak garis lurus sekitar 2.540 kilometer.

Tak cuma itu, jarak Banda Aceh ke Jayapura, Papua, ternyata bahkan lebih jauh dari London ke Baku, Azerbaijan.

Sebagai informasi, Baku adalah kota yang menjadi perbincangan karena dikeluhkan oleh para pendukung Arsenal dan Chelsea, jelang final Liga Europa, Mei lalu.

Pasalnya, kota tersebut terletak sangat jauh dari London. Berada di ujung Eropa Timur, BBC menyebut lokasi Baku dari London disebut lebih jauh ketimbang ke Riyadh, Arab Saudi, atau Baghdad, Irak.

Baku bahkan disebut sebagai kota yang lebih dekat dari Mumbai, India.

Dikutip dari berbagai sumber, London-Baku terpisah jarak mencapai sekitar 2.500 mil atau setara sekitar 3.900-4.000 kilometer.

Dari laporan BBC sampai Mei lalu, tak ada penerbangan langsung dari London ke Baku yang melayani setiap hari.

Final Liga Europa Liga 1 2020 antara Arsenal vs Chelsea di Baku berlangsung pada Rabu (29/5/2019).

Ketika itu, jika ingin terbang pada hari pertandingan, pendukung Arsenal atau Chelsea perlu transit cukup lama di Istanbul, Turki atau Kiev, Ukraina.

Baca juga: Final Liga Europa, Fan Chelsea-Arsenal Harus Tempuh Perjalanan Jauh

Rute penerbangan tercepat membutuhkan waktu hingga enam jam 55 menit, dan durasi mayoritas penerbangan berlangsung lebih dari 10 jam.

Apabila ada suporter yang ingin terbang langsung tanpa perlu transit, ia perlu berangkat pada hari Sabtu (25/5/2019), atau empat hari sebelum pertandingan, dan baru bisa kembali ke Inggris pada hari Sabtu lagi atau tiga hari setelah final.

Jadwal Liga 1 2020

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 sudah menetapkan waktu kick-off untuk musim kompetisi tahun 2020.

PT LIB memutuskan bahwa waktu kick-off Liga 1 2020 akan digelar pada 1 Maret mendatang.

“Kami sudah mulai merancang kick-off Liga 1 2020 pada 1 Maret,” kata Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra, Kamis (5/12/2019).

Namun, waktu sepak mula itu masih bisa berubah. Hal tersebut bergantung bagaimana perubahan sebelum Liga 1 2020 digelar.

Kemungkinan besar sebelum Liga 1 2020 digelar akan ada turnamen pramusim Piala Presiden 2020. Kabarnya, Piala Presiden 2020 akan digelar pada Februari mendatang.

“Untuk jadwal pertandingan juga sudah disiapkan meskipun kompetisi saat ini belum selesai,” ucap Asep menambahkan.

Asep berharap agar kompetisi Liga 1 2020 bisa selesai pada November mendatang. Sebab, ada beberapa agenda internasional yang akan dimainkan oleh timnas Indonesia, salah satunya Piala AFF 2020.