Wiljan Pluim Berikan Kode Ingin Akhiri Karier di PSM Makassar

Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim, menebar kode ingin mengakhiri kariernya di klubnya saat ini. Pemain asal Belanda itu merasa betah berkat apa yang diberikan oleh pihak manajemen tim Juku Eja.

“Saya telah menyetujui perpanjangan kontrak selama dua tahun di PSM Makassar. Setelahnya, saya mungkin bisa bertahan dua tahun lagi. Setelahnya, saya akan pensiun sebagai pemain sepak bola,” ucap Pluim dilansir dari Destentor.

“Dengan petinggi dan pemiliki klub, kami sering berbincang mengenai hal yang berkaitan dengan sepak bola. Mereka sangat terbuka dengan itu. Ini rasanya seperti anda mendapatkan apresiasi tinggi sebagai pemain,” lanjutnya.

Selain dengan petinggi klub, Pluim mengaku punya hubungan yang sangat baik dengan pelatih PSM, Darije Kalezic. Pluim menilai bahwa Kalezic tidak hanya bagus sebagai pelatih, tetapi juga menjadi sosok yang fantastis di tim.

Saat ini, Pluim telah menginjak usia 30 tahun. Usia tersebut tergolong sudah tua jika seorang pemain berkarier di Belanda. Namun, di Indonesia, ia yakin bisa bertahan setidaknya untuk empat musim ke depan sebelum gantung sepatu.

“Bagi saya, periode tersebut sudah sangat panjang. Dengan bertambahnya usia, ketahanan fisik pasti akan menurun sedikit demi sedikit. Saya tentu tidak bisa selamanya berkarier di dunia seperti ini,” lanjut eks Willem II tersebut.

Wiljan Pluim sendiri sudah memperkuat PSM Makassar sejak 2016. Sejauh ini, ia telah mengemas 26 gol dari 95 penampilan di semua kompetisi. Dari tiga tahun kariernya di Indonesia, ia berhasil meraih satu gelar Kratingdaeng Piala Indonesia pada 2019.