Selangor FA Sasar Fans Persib Bandung

Manajemen Selangor FA mengungkapkan alasan mengundang Persib Bandung sebagai peserta turnamen pramusim 2020 Asia Challenge yang digelar di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, pada 18-19 Januari.

Sekjen Selangor, Johan Kamal Hamidon, mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang tim yang memiliki reputasi, dan meraih gelar juara di setiap musimnya. Sebab, Selangor ingin menjadikan ajang ini digelar tiap tahun dengan mengundang klub juara di benua Asia. Untuk penyelenggaraan tahun ini, baru sebatas tim Asia Tenggara.

“Target kami di turnamen ini mau menunjukkan Selangor ingin menjadi salah salah satu klub besar Asia. Langkah pertama yang dilakukan adalah merasakan kehadiran kami di Asia. Selain itu, ini juga menjadi persiapan kami menghadapi musim baru,” ujar Johan dilansir Goal Malaysia.

Johan menambahkan, sudah tiga klub yang menyatakan kesediaan mereka mengikuti turnamen pramusim memperebutkan hadiah 10 ribu dolar Amerika Serikat itu, yakni wakil Vietnam Ha Noi FC, Bangkok United (Thailand), dan Persib (Indonesia).

“Ha Noi tidak perlu diragukan lagi merupakan klub terbaik di Vietnam. Kami sebelumnya juga mengundang Buriram [United], tapi mereka gagal menjadi juara di laga pamungkas Thai League 1, dan akan bermain di play-off Liga Champions Asia, sehingga menarik diri keikutsertaan mereka di turnamen ini,” jelas Johan.

“Bangkok menjadi opsi kedua kami, karena mereka tampil konsisten di liga, mengakhiri musim di peringkat tiga. Mereka juga bermarkas di ibukota, seperti kami. Jadi kami menganggap mereka mempunyai identitas yang sama dengan kami.”

“Khusus untuk Persib memang sedikit rumit, karena mereka tidak menjuarai liga di Indonesia. Tapi kami memilih mereka karena menginginkan klub yang mempunyai sejarah panjang seperti halnya Selangor. Kami juga memilih Persib karena menginginkan pertandingan dipenuh penonton. Kami tahu mereka punya kelompok suporter yang cukup besar di Malaysia.”