Malaysia (Akhirnya) Minta Maaf Soal Penyerangan Suporter Indonesia

Menpora Malaysia, Syeda Saddiq, menyampaikan permintaan maaf secara resmi kepada pemerintah Indonesia terkait dengan insiden penyerangan suporter Indonesia.

Permintaan maaf resmi itu disampaikan Syed lewat surat yang dikirim ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia.

Surat permintaan maaf dari Syed tak lepas dari respons positif atas surat Kemenpora Indonesia kepada Malaysia yang bernomor 11.22.12/SET/XI/2019 pada 22 November.

Penyerangan suporter Indonesia terjadi ketika laga melawan Malaysia di Stdion Bukit Jalil pada 19 November 2019. Saat itu Indonesia kalah 0-2 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kasus tersebut cukup menghebohkan di Indonesia. Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto membenarkan Menpora Malaysia sudah mengirim surat resmi pernyataan minta maaf terkait pengeroyokan suporter Indonesia di Kuala Lumpur.

“Bagi Kemenpora dengan adanya surat balasan tersebut, sudah cukup sebagai indikasi konkret iktikad baik Pemerintah Malaysia untuk menyelesaikan masalah karena permintaan maaf secara tertulis sudah dipenuhinya,” bunyi pernyataan Kemenpora RI.

“Meskipun pada awalnya hanya permintaan maaf secara lisan dan itu pun hanya disampaikan melalui media sosial pada tanggal 24 November 2019.” tuturnya.