Cedera di Final SEA Games 2019, Firza Andika Absen hingga 2020

Tak hanya Evan Dimas, rupanya laga final sepak bola di SEA Games 2019, Selasa (10/12/19) lalu juga menjadi kisah kelam bagi penggawa PSM Makassar, Firza Andika. Ia mendapat cedera serius dan harus absen membela klub hingga tahun 2020 mendatang.

Kabar tersebut disampaikan pelatih Indra Sjafri sesaat paska laga final Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam U-23, yang ditutup dengan kekalahan 0-3 dan skuat Garuda harus rela melepas peluang medali emas SEA games 2019.

“Yang jelas, korban lawan Vietnam ada satu lagi, yaitu Firza. Firza juga ada dislokasi di ujung jari, sepertinya harus dioperasi,” sebut Indra Sjafri.

Kabar terkini, penggawa PSM Makassar itu telah melakukan pemeriksaan MRI di Rumah Sakit Royal Progress Sport Medicine, Sunter, dan benar saja, Firza Andika mengalami cedera serius di bagian jari kaki.

“Firza Andika cedera pada ankle kiri dan kanan. Hasil pemeriksaan X-Ray dan MRI pada kaki dan ankle kanan, dijumpai fraktur pada ibu jari kaki,” sebut dokter penanggung jawab Timnas U-23, Syarif Alwi, Jumat (13/12/19).

Dokter Syarif Alwi kemudian menyatakan jika Firza Andika harus menjalani terapi pemulihan cedera hingga tahun 2020 mendatang, karena cedera serius yang dideritanya.

“Terapi dengan fiksasi memakai tapping selama satu sampai satu setengah bulan, dan tidak boleh dipakai untuk menendang bola,” tambahnya.

Dengan demikian, Firza Andika tidak dapat memperkuat PSM Makassar hingga akhir musim kompetisi Shopee Liga 1 2019. Sebagaimana diketahui, skuat berjuluk Pasukan Ramang itu masih menyisakan laga menghadapi PSS Sleman dan Persib Bandung.

Firza Andika juga terancam tak bisa membela timnya ketika berlaga di Piala AFC 2020 yang akan dilangsungkan pada Januari mendatang, jika kondisi kakinya belum membaik.