Sofie Imam Faizal, Pelatih Fisik Timnas Indonesia U-19 Direkrut Klub Malaysia

Petualangan baru bakal dijalani pelatih fisik tim nasional (timnas) Indonesia U-19, Sofie Imam Faizal, setelah ikut berperan mengantarkan skuad asuhan Fakhri Husaini ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Ya, Sofie akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan klub Malaysia, Sabah FA, dengan durasi kontrak satu musim.

Sabah sendiri merupakan klub yang telah memastikan promosi ke Malaysia Super League 2020, setelah berhasil menjuarai Malaysia Premier League (kompetisi kasta kedua di Malaysia) 2019. Sofie pun membeberkan alasannya akhirnya bersedia bergabung dengan klub yang berdiri pada 1963 itu.

“Ini kesempatan luar biasa dalam hidup saya karena saya bisa berkarya di luar Indonesia. Dan lisensi yang saya miliki sesuai dengan regulasi Malaysia Super League, ini suatu tantangan yang menarik,” kata Sofie, kepada Goal Indonesia.

“Kompetisi Malaysia Super League akan berakhir bulan Juli tahun depan, dilanjutkan sistem setengah kompetisi untuk Piala Malaysia sehingga saya terima tawaran ini. Alasan berikutnya, manajemen klub memberi kelonggaran apabila saya masih dipercaya di timnas Indonesia U-19 untuk kembali bergabung. Selain itu, setidaknya saya di sini bisa melanjutkan kursus AFC Fitness Level 2A,” tambah pelatih kelahiran Situbondo, 15 Maret 1988, itu.

Bisa dibilang, Sofie cukup sukses dalam menangani kondisi fisik para pemain Indonesia U-19 pada babak kualifikasi Piala Asia lalu. Di tengah jadwal pertandingan yang padat, pelatih yang juga memegang lisensi B AFC ini bisa tetap membuat kondisi fisik David Maulana dan kolega ketika itu tidak mengalami penurunan.

Direkrutnya Sofie oleh klub Malaysia, membuktikan bahwa para pelatih Indonesia, bukan hanya di level pelatih kepala, sudah mulai diminati oleh klub-klub luar negeri. Sebelumnya, beberapa pelatih asal Indonesia yang pernah menangani klub luar negeri adalah Rahmad Darmawan (T-Team/Malaysia) dan juga Rudy Eka Priyambada (Al Najma/Bahrain). Ada juga Muhammad Yusuf Prasetyo yang pernah melatih salah satu tim usia muda di Tiongkok pada 2017 lalu.

Biodata Singkat:

Nama lengkap: Sofie Imam Faizal, S.Pd
Tempat tanggal lahir: Situbondo, 15 Maret 1988
Asal: Tulungagung, Jawa Timur
Lulusan: S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Jawa Timur
Lisensi: B AFC & AFC FITNESS LEVEL 1B