Markas Persita Tangerang Dinyatakan Layak untuk Liga 1, tetapi…

Persita Tangerang mendapatkan kunjungan dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) pada Kamis (12/12/2019).

Kunjungan PT LIB bertujuan menguji kelayakan Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang yang akan menjadi markas Persita untuk Liga 1 2020 mendatang.

Dalam 8 jam proses verifikasi, stadion yang berkapasitas 15.000 orang tersebut dinyatakan layak untuk menjadi venue pertandingan Liga 1.

Meski demikian, tetap ada beberapa catatan yang harus dibenahi.

Secara keseluruhan, PT LIB menyatakan kepuasaan mereka atas performa dan kondisi Stadion Sport Center.

Kualitas rumput tidak mendapatkan sorotan, namun ketersediaan gawang cadangan dan akurasi pengecatan garis lapangan menjadi catatan.

Sementara itu, daya penerangan lampu dirasa sudah cukup di atas standar.

“Untuk lampu itu sudah memenuhi standar, karena rata-rata tingkat keterangan itu mencapai 1.367 lux. Sebenarnya bisa lebih kalau pengaturan lampunya diperbaharui,” ungkap Somad selaku perwakilan Persita.

“Kalau pengaturan itu dilakukan, standar tertinggi bisa mencapai 1.800 lux, sementara standar PT. LIB itu 1.200 luxlux.”

Kedati cukup puas dengan kualitas lapangan dan penerangan, tim verifikasi PT. LIB memberikan catatan major terkait infrastruktur stadion.

Dari segi keamanan dirasa butuh banyak peningkatan. Pihak Persita menyoroti barikade untuk akses keluar masuk ke dalam stadion yang dinilai kurang.

Saat proses verifikasi, barikade memang sedang tidak terpasang.

“Tetapi dari keterangan yang diberikan panitia soal barikade sudah sesuai dengan ketentuan.”

“Tambahannya dari kami hanya soal barikade di lobi VIP yang harus lebih tinggi, agar Field of Play (area pertandingan) tidak sembarangan orang yang masuk,” ucap Somad.

Penerangan di sekitar stadion dan bawah tribune juga perlu ditingkatkan dengan tujuan memberikan rasa aman kepada pengunjung saat pertandingan digelar.

Sementara untuk ruangan media, Somad mengatakan cukup baik. Namun, ia meminta adanya fasilitas tambahan meja di tribune serta koneksi internet agar memudahkan awak media melakukan pekerjaannya.

Rencananya setelah proses pengecekan rampung, PT. LIB akan mengirimkan surat hasil verifikasi kepada pihak manajemen.

Sbagai bahan evaluasi atau acuan kelayakan Stadion Sport Center sebagai venue Liga 1. Pihak majemen Pendekar Cisadane pun siap memenuhi segala catatan dan masukan yang diberikan PT LIB.

“Yang jelas kami ingin standar fasilitas yang ada di stadion akan kita upgrade sesuaidengan ketentuan yang ditetapkan oleh PT. LIB. Dan kami akan memenuhinya sesegera mungkin,” ucap Manajer Persita Tangerang, I Nyoman Suryanthara.